Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI BBM ECERAN DI DESA LIBO JAYA, KECAMATAN KANDIS, KABUPATEN SIAK.

DEWI SARI, - (2021) TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI BBM ECERAN DI DESA LIBO JAYA, KECAMATAN KANDIS, KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI DEWI SARI FUL KECUALI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Dewi Sari (2021) : Tinjuan Fiqh Muamalah Terhadap Praktik Jual Beli BBM Eceran di Desa Libo Jaya, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak. Penilitian ini dilatar belakangi oleh praktik jual beli yang terjadi di Desa Libo Jaya yang mana pedagang menjual BBM eceran menggunakan wadah botol aqua pelastik bekas, jerigen dan menakar menggunakan alat ukur yang sangat sederhana seperti selang, teko dan kaleng takaran hal inilah yang mengakibatkan ukuran memiliki jumlah yang tidak jelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik jual beli BBM eceran di Desa Libo Jaya, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak dan untuk mengetahui bagaimana tinjauan Fiqh Muamalah terhadap praktik jual beli BBM eceran di Desa Libo Jaya, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak. Penelitian ini adalah penelitian hukum sosiologis. Populasi dari penelitian adalah Pemilik usaha BBM Eceran dan pembeli atau Konsumen di Desa Libo Jaya dengan Total Penduduk Sebanyak 6.833 Orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan Metode Accidental Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 25 Orang 5 Orang pemilik usaha dan 20 orang dari masyarakat sebagai Konsumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer penelitian ini diperoleh langsung di lapangan dengan menggunakan teknik triangulasi dengan melampirkan beberapa dokumentasi. Selain itu, dilengkapi dengan data sekunder yang diperoleh dari literatur dan beberapa buku yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Sedangkan metode analisa yang digunakan adalah metode analisis kualitatif, yaitu setelah semua data terkumpul, maka diklarifikasi dalam pemaparan dan penjelasan. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan ini adalah praktik jual beli yang menggunakan alat yang sederhana dalam menentukan kuantitas, sehingga kuantitas atau ukuran BBM botol eceran memiliki ukuran yang kurang dari seharusnya. Dalam perspektif hukum Islam praktik jual beli BBM eceran di Desa Libo Jaya, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak terdapat unsur Gharar yakni dari segi kuantitas atau ukuran. Akan tetapi praktik jual beli tersebut bisa diperbaiki dari segi akad yaitu menjadi jual beli BBM Eceran perbotol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 29 Jul 2021 07:40
Last Modified: 29 Jul 2021 07:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52586

Actions (login required)

View Item View Item