Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

“PENGARUH ARUS KAS OPERASI, TINGKAT UTANG, UKURAN PERUSAHAAN, DAN BOOK-TAX DIFFERENCES TERHADAP PERSISTENSI LABA” (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020)

MUHAMMAD FAREL HAWARI, - (2021) “PENGARUH ARUS KAS OPERASI, TINGKAT UTANG, UKURAN PERUSAHAAN, DAN BOOK-TAX DIFFERENCES TERHADAP PERSISTENSI LABA” (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
BAB I-BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (717kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh arus kas operasi, tingkat utang, ukuran perusahaan, dan book-tax differences terhadap persistensi laba baik secara parsial maupun simultan pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh 15 sampel dengan periode penelitian 2018-2020. Jenis data menggunakan data sekunder, analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi data panel ( pooled data) dengan menggunakan alat bantu Eviews 9. Penelitian model yang dipakai dalam analisis adalah memakai uji chow dan uji hausman dengan metode fixed effect. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan hipotesis secara secara parsial variable tingkat utang berpengaruh positif terhadap persistensi laba. Variabel ukuran perusahaan dan book-tax differences berpengaruh negative terhadap persistensi laba. Variabel arus kas operasi tidak berpengaruh terhadap persistensi laba. Hasil pengujian secara simultan variabel arus kas operasi, tingkat utang, ukuran perusahaan dan book-tax differences berpengaruh dalam memprediksi persistensi laba. Dari hasil penelitian ini juga diperoleh Koefisien Determinasi (R2) dengan nilai 0.855433 memiliki arti bahwa sebesar 85,54% pengungkapan dijelaskan oleh variabel antara arus kas operasi, tingkat utang, ukuran perusahaan, dan book-tax differences sedangkan sisanya 14,46% dijelaskan oleh variabel lain diluar model.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 30 Jul 2021 16:43
Last Modified: 30 Jul 2021 16:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52585

Actions (login required)

View Item View Item