Halimah Harahap, - (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA MUATAN PELAJARAN IPS DI KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU RAUDHATURRAHMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (862kB) |
||
|
Text
SKRIPSI HALIMAH HARAHAP.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Halimah Harahap, (2021) : Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Muatan Pelajaran IPS Di Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Raudhaturrahmah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui model pembelajaran cooperative script di kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Raudhaturrahmah Pekanbaru. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang pendidik dan 15 orang peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan degan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata tes kemampuan berpikir kritis peserta didk sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata 33,33% dengan ketegori kurang. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I mencapai 64,28% dengan kategori cukup. Dan meningkat pada siklus II menjadi 89,28% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Raudhaturrahmah Pekanbaru. Kata Kunci : Model Cooperative Script, Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 28 Jul 2021 11:55 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 11:56 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52581 |
Actions (login required)
View Item |