EFEKTIFITAS PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA SEBAGAI MEDIA LAYANAN INFORMASI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 SIAK HULU KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR

Rika Devianti, (2011) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA SEBAGAI MEDIA LAYANAN INFORMASI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 SIAK HULU KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011844.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Layanan informasi merupakan layanan yang membekali individu dengan berbagai pengetahuan tentang berbagai hal yang berguna untuk mengenal diri, merencanakan, dan mengembangkan pola kehidupan sebagai siswa, anggota keluarga, dan masyarakat. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 2 Siak Hulu Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan (teknik dan evaluasi) penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) sebagai media layanan informasi dan untuk mengetahui keefektifan penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) sebagai media layanan informasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru pembimbing dan subjek pendukungnya adalah siswa/i SMA N 2 Siak Hulu Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Objeknya adalah efektifitas penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) sebagai media dalam pemberian layanan informasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 4 orang guru pembimbing dan 714 siswa/i SMA N 2 Siak Hulu, sedangkan sampelnya berjumlah 71 orang siswa yaitu 10% dari populasi siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan sampel acak (random sample), sampel berstrata (stratified sample), dan sampel proporsi (proportional sample). Untuk mengumpulkan data digunakan teknik wawancara dan angket. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan (teknik dan evaluasi) yang dilaksanakan oleh guru pembimbing dalam menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) sebagai media layanan informasi, telah dilaksanakan cukup efektif, hal ini terlihat guru pembimbing telah menyajikan informasi hanya menggunakan beberapa teknik seperti, ceramah, tanya jawab, dan melaksanakan diskusi, sedangkan pengevaluasian guru pembimbing hanya memberikan tugas-tugas yang terdapat dalam Lembar Kerja Siswa (LKS) dan mengadakan tanya jawab sebelum kegiatan berakhir, ada beberapa hal yang tidak dilaksanakan guru pembimbing seperti, mengadakan acara khusus, menghadirkan nara sumber yang lebih profesional dalam bidang kajian informasi tertentu, dan menambahkan materi materi informasi dari berbagai media secara fleksibel, dalam pengevaluasian guru pembimbing juga tidak terlebih dahulu menetapkan prosedur evaluasi, dan tidak menyusun instrumen evaluasi seperti laiseg, laijapen, ataupun laijapang untuk melihat sejauh mana pemahaman siswa mengenai konsep yang telah disajikan. Hal ini juga terlihat pada hasil angket yang diperoleh dengan persentase sebesar 60,5% yang berada pada rentang 41 – 60%, maka hasil analisis tersebut menunjukkan kategori “ cukup efektif”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 11 Jan 2016 08:52
Last Modified: 11 Jan 2016 08:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/525

Actions (login required)

View Item View Item