Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

RAGAM MAKNA KATA SAHABAT DALAM HADIS-HADIS NABI (Kajian Ilmu Ma’anil Hadis)

ILHAM FADHILLAH, - (2021) RAGAM MAKNA KATA SAHABAT DALAM HADIS-HADIS NABI (Kajian Ilmu Ma’anil Hadis). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (837kB)

Abstract

ABSTRAK Sahabat merupakan hal penting yang tidak bisa disepelekan, karena dengan sahabat seseorang bisa menjadi lebih baik bahkan bisa menjadi lebih buruk tergantung dengan siapa dia bersahabat. Banyak Hadis Nabi SAW yang berbicara tentang sahabat dengan menggunakan bahasa atau terminologi yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, tulisan ini mencoba memaparkan makna term sahabat tersebut dalam bentuk skripsi yang berjudul “Ragam Makna Kata Sahabat Dalam Hadis-Hadis Nabi (Kajian Ilmu Ma‟anil Hadis). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan makna dari istilah-istilah kata sahabat yang terdapat dalam Hadis Nabi dan perbedaan makna dari masing-masing bentuk terminologinya yang terdapat di dalam teks Hadis Nabi Saw. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka ( Library Reseach ) yang bersifat Deskriptif Kualitatif. Data diperoleh melalui kitab-kitab induk hadis sebagai sumber primernya yaitu kitab Shahih Bukhri, Shahih Muslim, Sunan Abu Daud, dan Sunan at-Tirmidzi. Adapun hasil penelitiannya menunjukkan bahwa makna kata sahabat dengan menggunakan istilah shahabah memiliki arti pertemanan antara dua orang yang saling memberikan manfaat, kata shahabah biasa digunakan untuk manusia saja namun juga ada pendapat yang membolehkan penggunaan kata ini untuk selain manusia. sahabat dengan menggunakan kata khalil merupakan hubungan persahabatan yang sangat akrab sekali, bahkan diantara semua term sahabat, khalil merupakan hubungan persahabatan yang paling akrab. Sahabat dengan menggunkan kata rafiq memiliki makna sahabat yang sedang bersama atau menemani kita, dan ketika seseorang tersebut sedang tidak bersama sahabatnya maka pada keadaan seperti ini tidak bisa dinamakan dengan ar-rafiq. Adapun kata shadiq memiliki makna persahabatan antara dua orang yang selalu jujur kepada kepada sahabat, bahkan ketika temannya salah maka sahabatnya ini tidak akan membenarnnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.125 Hadits
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Hadis
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 28 Jul 2021 12:25
Last Modified: 28 Jul 2021 12:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52467

Actions (login required)

View Item View Item