Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DESAIN ALAT PERMAINAN EDUKATIF TENTANG BUAH DAN SAYUR BERBASIS PRINSIP 4R DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

Anisa Fitri Salsabila, - (2021) DESAIN ALAT PERMAINAN EDUKATIF TENTANG BUAH DAN SAYUR BERBASIS PRINSIP 4R DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Qasim Riau.

[img]
Preview
Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
File Hasil Penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Anisa Fitri Salsabila (2021): DESAIN ALAT PERMAINAN EDUKATIF TENTANG BUAH DAN SAYUR BERBASIS PRINSIP 4R DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) Pengetahuan tentang buah dan sayur penting dikenalkan sejak dini kepada anak-anak di tingkat PAUD, dimana pengetahuan ini dapat diwujudkan dalam bentuk APE buah dan sayur yang informatif dan kreatif. Akan tetapi minimnya dana dari sekolah PAUD menjadi kendala untuk menyediakan APE yang informatif dan efektif tersebu. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang APE tentang buah dan sayur yang efektif dan ekonomis sesuai dengan kebutuhan konsumen menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD) berbasis prinsip 4R atau menggunakan bahan-bahan aman yang ada dilingkungan sekitar dan rama lingkungan serta dapat diaur ulang. APE yang dikembangkan berbentuk APE bola (biji karet) dengan keranjang buah dan sayur. Setelah dilakukan perhitungan biaya APE yang dikembangkan terjadi penurunan biaya sebesar 73 % jika dibandingan dengan APE buah dan sayur yang ada dipasaran (berbahan kayu dengan ukuran medium). Kata Kunci: Alat Permainan Edukatif (APE), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Quality Function Deployment (QFD).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 28 Jul 2021 07:11
Last Modified: 28 Jul 2021 07:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52423

Actions (login required)

View Item View Item