Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Sekolah Dasar Negeri 023 Muara Mahat Baru.

Indah Safitry, - (2021) Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Sekolah Dasar Negeri 023 Muara Mahat Baru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (822kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Indah Safitry,(2021): Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Sekolah Dasar Negeri 023 Muara Mahat Baru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas II Sekolah Dasar Negeri 023 Muara Mahat Baru melalui penerapan model pembelajaran picture and picture. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis siswa, hal ini terlihat Dari 22 jumlah siswa, hanya 10 siswa atau 45,50% yang dalam menulis tata bahasanya sudah tepat. Dari 22 jumlah siswa, hanya 7 siswa atau 31,% yang komposisi dalam menulis tepat ejaan, dan tanda bacanya, dan dari 22 jumlah siswa, hanya 2 siswa atau 9,10% yang memiliki kebersihan dan kerapian dalam menulis, sehingga menunjukkan keterampilan menulis pada kategori cukup karena masih banyak siswa yang belum mampu menyelesaikan permasalahan terkait materi pembelajaran dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 22 orang siswa Sekolah Dasar Negeri 023 Muara Mahat Baru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran picture and picture dan keterampilan menulis siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi, tes keterampilan menulis siswa, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif kualitatif persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, bahwa model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa. Hal ini dapat dilihat sebelum tindakan hasil keterampilan menulis siswa hanya mencapai 61,0% atau masih tergolong kurang. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas pada siklus I, keterampilan Menulis siswa meningkat menjadi 74,8% atau tergolong cukup baik. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 85,7% atau tergolong baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas II Sekolah Dasar Negeri 023 Muara Mahat Baru. KataKunci: Model Pembelajaran Picture and Picture, Keterampilan Menulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 Jul 2021 09:06
Last Modified: 28 Jul 2021 09:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52422

Actions (login required)

View Item View Item