Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Pair Checks untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 014 Sungai Keranji

Isvadila, - (2021) Penerapan Model Pembelajaran Pair Checks untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 014 Sungai Keranji. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (846kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Isvadila, (2021): Penerapan Model Pembelajaran Pair Checks untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 014 Sungai Keranji Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kerja sama siswa pada tema daerah tempat tinggalku melalui penerapan model pembelajaran pair checks kelas IV Sekolah Dasar Negeri 014 Sungai Keranji. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan kerja sama siswa dikarenakan masih banyak siswa tidak saling membantu dalam pembelajaran berkelompok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 20 orang siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 014 Sungai Keranji. Sedangkan objeknya adalah penerapan model pembelajaran pair checks dan kemampuan kerja sama siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analis data yang digunakan yaitu analisis dekskriptif kualitatif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran pair checks dapat meningkatkan kemampuan kerja sama siswa. Hal ini dapat diketahui dari sebelum tindakan hanya mencapai 43,42% yang berada pada rentang 30-49% dengan katagori Kurang. Setelah dilakuakn tindakan kelas pada siklus I, kemampuan kerja sama siswa meningkat menjadi 70,28% yang berada pada rentang dengan 70-89% katagori Baik. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 90% yang berada pada rentang 90-100% dengan katagori Sangat Baik. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran pair checks dapat meningkatkan kemampuan kerja sama siswa pada tema daerah tempat tinggalku di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 014 Sungai Keranji. Kata Kunci : Penerapan, Model Pair Checks, Kemampuan Kerja Sama Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jul 2021 02:12
Last Modified: 29 Jul 2021 02:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52417

Actions (login required)

View Item View Item