Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengembangan Media Pop-Up Book pada Materi Daur Hidup Kupu-kupu Tema Pertumbuhan dan Perkembangan Mahkluk Hidup untuk Kelas III Sekolah Dasar Negeri 004 Pulau Kecamatan Bangkinang.

Mohd. Lutfi Alhadi, - (2021) Pengembangan Media Pop-Up Book pada Materi Daur Hidup Kupu-kupu Tema Pertumbuhan dan Perkembangan Mahkluk Hidup untuk Kelas III Sekolah Dasar Negeri 004 Pulau Kecamatan Bangkinang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)

Abstract

ABSTRAK Mohd. Lutfi Alhadi, (2021): Pengembangan Media Pop-Up Book pada Materi Daur Hidup Kupu-kupu Tema Pertumbuhan dan Perkembangan Mahkluk Hidup untuk Kelas III Sekolah Dasar Negeri 004 Pulau Kecamatan Bangkinang. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan tingkat validitas dan praktikalitas media Pop-Up Book materi daur hidup kupu-kupu tema pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup kelas III SDN 004 Pulau. Jenis penelitan ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan penelitian ini menggunakan model Plomp yang dimodifikasi menjadi dua fase, yaitu preliminary research dan prototyping phase. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN 004 Pulau Kecamatan Bangkinang dengan objek penelitian pengembangan media Pop-Up Book. Pengembangan media Pop-Up Book divalidasi oleh dua expert atau ahli, yaitu satu orang ahli materi dan satu orang ahli media. Jenis data pada penelitian yang akan dilakukan terdiri data kualitatif dan kuantitatif. Hal ini membuktikan bahwa tingkat validitas produk pengembangan media Pop-Up Book pada materi daur hidup kupu-kupu tema pertumbuhan dan perkembangan mahkluk hidup pada tahap yang pertama 2.1 cukup valid pada tahap kedua sangat valid dengan rata-rata nilai 4,1 oleh ahli materi. Sedangkan pada ahli media tahap pertama 3.7 katagorinya sangat valid, dan tahap kedua 4,3 sangat valid.. Sedangkan tingkat praktikalitas produk pengembangan media Pop-Up Book adalah sangat praktis dengan rata-rata penilaian dari siswa 97 dan rata-rata penilaian dari guru 93. Sehingga media tersebut dapat digunakan dan dimiliki oleh guru dan peserta didik. Dengan demikian media Pop-Up Book pada materi daur hidup kupu-kupu tema pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup kelas III SDN 004 Pulau dikategorikan valid dan praktis. Kata Kunci: Media Pop-up Book, Daur Hidup Kupu-kupu, Pertumbuhan dan Perkembangan Mahkluk Hidup

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 Jul 2021 12:38
Last Modified: 28 Jul 2021 12:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52415

Actions (login required)

View Item View Item