Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Peserta Didik pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.

Dwiki Darmawan, - (2021) Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Peserta Didik pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (906kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dwiki Darmawan, (2021): Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Peserta Didik pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menyimak peserta didik melalui model pembelajaran student facilitator and explaining di kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat keterampilan menyimak peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang pendidik dan 13 orang peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan degan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining dapat meningkatkan keterampilan menyimak peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata tes keterampilan menyimak peserta didk sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata 53,37 dengan ketegori rendah. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I mencapai 67,78 dengan kategori cukup baik. Dan meningkat pada siklus II menjadi 74,28 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapanmodel pembelajaran student facilitator and explaining dapat meningkatkan keterampilan menyimak peserta didik pada tema lingkungan sahabat kita kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah Penyasawan Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Model Student Facilitator and Explaining, Keterampilan Menyimak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jul 2021 14:40
Last Modified: 27 Jul 2021 14:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52393

Actions (login required)

View Item View Item