Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENGARUH INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU BELAJAR MAHASISWA SISTEM INFORMASI UIN SUSKA RIAU DENGAN MENGGUNAKAN METODE THEORY OF REASONED ACTION (TRA)

Nada Zai Monalisa, - (2021) ANALISIS PENGARUH INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU BELAJAR MAHASISWA SISTEM INFORMASI UIN SUSKA RIAU DENGAN MENGGUNAKAN METODE THEORY OF REASONED ACTION (TRA). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
Bab 4 dan 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1-3 dan Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi pada mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran antara lain pemanfaatan media sosial instagram. Instagram merupakan salah satu media sosial yang saat ini penggunanya semakin hari makin meningkat dan bertambah, dengan berbagai tujuan penggunaan aplikasi instagram makin banyak yang mengunakannya. Berdasarkan hal tersebut maka diperlukan pengujian untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari penggunaan media sosial instagram terhadap perilaku belajar mahasiswa sistem informasi uin suska riau dengan menggunakan konsep model Theory of Reasoned Action (TRA). Sampel penelitian adalah mahasiswa sistem informasi Angkatan 2016, 2017, 2018 dan 2019 sebanyak 4.498 orang dan diperkecil populasi mahasiswa dengan menggunakan rumus Slovin menjadi 97 orang mahasiswa. Metode analisis pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software AMOS 22. Hasil dari penelitian ini terlihat bahwa tiga hipotesis yang diajukkan yaitu hipotesis pertama sikap penggunaan instagram (SP) memiliki pengaruh terhadap minat belajar (MB) mahasiswa dengan nilai Cartical ratio (CR) sebesar 3,444 dan nilai probability 0,00, Sedangkan hipotesis kedua norma subjektif (NS) memiiki pengaruh terhadap minat belajar (MB) dengan Nilai Cartical ratio (CR) sebesar 4,418 dan nilai probability 0,00 dan hipotesis ketiga minat belajar (MB) memiliki pengaruh terhadap perilaku belajar (PB) dengan nilai Cartical ratio (CR) sebesar 6,060 dan nilai probability 0,00 maka ketiga hipotesis ini memiliki hubungan yang signifikan dan ketiga hipotesis ini diterima. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi masukkan bagi dosen sistem informasi untuk memaksimalkan penggunaan instagram dalam mendukung minat dan perilaku belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 003 Sistem-sistem
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 28 Jul 2021 09:48
Last Modified: 28 Jul 2021 09:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52390

Actions (login required)

View Item View Item