Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN TUGAS RT DAN RW DALAM MENYEDIAKAN DATA KEPENDUDUKAN DAN PERIZINAN BERDASARKAN PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NO. 18 TAHUN 2018 TENTANG LEMBAGA KEMASYARAKATAN DESA DAN LEMBAGA ADAT DESA (Studi Kasus di Desa Pulau Birandang, Kecamatan Kampa, Kabupaten Kampar)

Adepri Maulana, - (2021) PELAKSANAAN TUGAS RT DAN RW DALAM MENYEDIAKAN DATA KEPENDUDUKAN DAN PERIZINAN BERDASARKAN PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NO. 18 TAHUN 2018 TENTANG LEMBAGA KEMASYARAKATAN DESA DAN LEMBAGA ADAT DESA (Studi Kasus di Desa Pulau Birandang, Kecamatan Kampa, Kabupaten Kampar). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Adepri Maulana (2021): Pelaksanaan Tugas RT Dan RW Dalam Menyediakan Data Kependudukan Dan Perizinan Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 18 Tahun 2018 Tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa Dan Lembaga Adat Desa (Studi Kasus Di Desa Pulau Birandang, Kecamatan Kampa, Kabupaten Kampar) Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyak RT dan RW yang tidak mengetahui tugasnya sebagaimana yang diamanatkan dalam Permendagri Nomor 18 tahun 2018 Tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa untuk membantu kepala desa dalam menyediakan data kependudukan dan perizinan yang dapat dilihat dari RT dan RW yang tidak mengetahui jumlah Kartu Keluarga dan keluhan masyarakat dalam mengurus perizinan. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimana pelaksanaan tugas RT dan RW dalam menyediakan data kependudukan dan perizinan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri No.18 Tahun 2018 Tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa Di Desa Pulau Birandang, Kecamatan Kampa dan apa kendala dalam pelaksanaan tugas RT RW dalam menyediakan data kependudukan dan perizinan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan kendala tugas RT dan RW dalam menyediakan data kependudukan dan perizinan berasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2018 Tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa di Desa Pulau Birandang, Kecamatan Kampa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum sosiologis yaitu penelitian lapangan yang bertitik tolak dari data primer atau data yang diperoleh langsung dari wawancara yaitu kepada Kepala Desa, Kepala Dusun, BPD, Ketua RW, Ketua RT, dan masyarakat. Sumber data adalah data primer dan data sekunder yang kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriftif kualitatif. Sedangkan pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuisuoner, dokumentasi, dan pustaka. Dari penelitian ini diketahui pelaksanaan tugas RT dan RW di Desa Pulau Birandang, Kecamatan Kampa masih belum berjalan efektif. Hal ini terlihat dari banyaknya keluhan masyarakat tentang sulitnya memperoleh informasi valid terkait data kependudukan dan juga rumitnya mengurus surat perizinan serta koordinasi RT dan RW dengan kepala desa yang masih belum baik.Kendala tidak berjalan optimalnya tugas RT dan RW dalam membantu kepala desa menyediakan data kependudukan dan perizinan adalah RT dan RW tidak tahu tugas yang diatur dalam Permendagri Nomor 18 tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa . Kata Kunci: RT dan RW, Kependudukan, Perizinan, Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 18 Tahun 2018

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 29 Jul 2021 02:45
Last Modified: 29 Jul 2021 02:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52378

Actions (login required)

View Item View Item