Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

“PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, PENGHINDARAN PAJAK, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, ARUS KAS BEBAS, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP MANAJEMEN LABA” (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020)

Ade Sukmawati, - (2021) “PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, PENGHINDARAN PAJAK, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, ARUS KAS BEBAS, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP MANAJEMEN LABA” (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK “PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, PENGHINDARAN PAJAK, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, ARUS KAS BEBAS, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP MANAJEMEN LABA” (Studi Empiris Pada Perusahaan Peertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020) Oleh : Ade Sukmawati NIM. 11773200004 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemilikan institusional, penghindaran pajak, leverage, ukuran perusahaan, arus kas bebas, dan pertumbuhan penjualan terhadap manajemen laba secara parsial maupun simultan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI periode tahun 2018-2020. Sampel penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh 24 sampel dengan periode penelitian 2018-2020. Jenis data menggunakan data sekunder, analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi data panel ( pooled data) dengan bantuan Software Eviews 10. Penelitian model yang dipakai dalam analisis adalah memakai uji chow dan uji hausman dengan model terpilih common effect. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial ukuran perusahaan, arus kas bebas dan pertumbuhan penjualan berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. kepemilikan institusional, penghindaran pajak dan leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. sedangkan secara simultan menunjukkan bahwa seluruh variabel independen secara bersama-sama berpengaruh terhadap manajemen laba. Dari hasil penelitian ini juga diperoleh Koefisien Determinasi (R2) dengan nilai 0.189421 memiliki arti bahwa sebesar 18,94% pengungkapan dijelaskan oleh variabel antara kepemilikan institusional, penghindaran pajak, leverage, ukuran perusahaan, arus kas bebas, dan pertumbuhan penjualan sedangkan sisanya 80,06% dijelaskan oleh variabel lain diluar model. Kata kunci : Kepemilikan Institusional, Penghindaran Pajak, Leverage, Ukuran Perusahaan, Arus Kas Bebas, Pertumbuhan Penjualan dan Manajemen Laba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 28 Jul 2021 07:21
Last Modified: 28 Jul 2021 07:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52371

Actions (login required)

View Item View Item