Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

URGENSI KOPERASI UNIT DESA (KUD) DALAM MENINGKATKAN EKONOMI ANGGOTA MENURUT EKONOMI SYARIAH (Studi Pada KUD Mojopahit Jaya Desa Sari Galuh Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar)

RISTA ANDRIYANI, - (2021) URGENSI KOPERASI UNIT DESA (KUD) DALAM MENINGKATKAN EKONOMI ANGGOTA MENURUT EKONOMI SYARIAH (Studi Pada KUD Mojopahit Jaya Desa Sari Galuh Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Rista Andriyani, 2021: Urgensi Koperasi Unit Desa (KUD) Dalam Meningkatkan Ekonomi Anggota Menurut Ekonomi Syariah (Studi Pada KUD Mojopahit Jaya Desa Sari Galuh Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar) Koperasi merupakan salah satu bentuk badan usaha bersama untuk memperbaiki nasib penghidupan ekonomi berdasarkan tolong-menolong yang menjadi harapan bagi kaum lemah diantara anggota-anggotanya. Koperasi mempunyai peranan yang cukup besar dalam menyusun usaha bersama dari orang-orang yang mempunyai kemampuan ekonomi terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urgensi koperasi unit desa (KUD) Mojopahit Jaya dalam meningkatkan ekonomi anggota dan untuk mengetahui tinjauan ekonomi syariah terhadap urgensi koperasi unit desa (KUD) Mojopahit Jaya dalam meningkatkan ekonomi anggota. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, untuk mendapatkan hasil dalam penelitian ini penulis meggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, angket, tinjauan pustaka dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 620 orang. Dikarenakan jumlah populasi terlalu banyak maka jumlah sampel ditentukan dengan rumus slovin, sehingga didapat sampel 86 orang anggota, dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian bahwa urgensi KUD Mojopahit Jaya dalam meningkatkan ekonomi anggota sangat berperan penting yaitu membantu dalam berbagai kebutuhan anggotanya seperti pemberian pinjaman untuk kebutuhan pokok, menyediakan angkutan trayek dan pemberian pinjaman untuk kebutuhan pertanian. Koperasi tersebut dapat membantu para anggota untuk menaggulangi ekonomi anggotanya. Tinjauan Ekonomi Syariah tentang urgensi KUD Mojopahit Jaya dalam meningkatkan ekonomi anggota secara umum sudah sesuai dengan ekonomi syariah. KUD Mojopahit Jaya menyediakan barang-barang yang halal dan dari segi harga sesuai dengan harga dipasaran namun sedikit lebih tinggi. Namun, KUD Mojopahit Jaya masih menggunakan sistem konvensional dalam pencatatan pembukuan dan kerjasama dengan bank konvensional. Kata kunci: Urgensi, Koperasi Unit Desa, Peningkatan Ekonomi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 27 Jul 2021 07:06
Last Modified: 27 Jul 2021 07:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52365

Actions (login required)

View Item View Item