Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KONTEKSTUALISASI KISAH DALAM SURAH AL-`ARAF AYAT 175-177 DENGAN PROTOTIPE ULAMA HIPOKRIT (Studi Analisis Tafsir Tematik)

SRIDEPI, - (2021) KONTEKSTUALISASI KISAH DALAM SURAH AL-`ARAF AYAT 175-177 DENGAN PROTOTIPE ULAMA HIPOKRIT (Studi Analisis Tafsir Tematik). Skripsi thesis, UNIVERSIAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini secara spesifik berjudul “Kontekstualisasi Kisah Dalam Surah Al-`Araf ayat 175-177 dengan Prototipe Ulama Hipokrit (Studi Analisis Tafsir Tematik)”. Adapun latar belakang penelitian ini yaitu Allah menjelaskan cerita kehidupan hamba-hamba-Nya di masa lampau untuk diambil hikmah dan ibrah dari apa yang telah terjadi. Bermula dari adanya ayat Allah SWT yang membicarakan tentang seorang ulama hipokrit pada masa Nabi Musa as yang lebih memilih dunia sehingga hilang Akhirat dari dirinya, oleh karena itu di dalam skripsi ini akan membahas mengenai, bagaimana kisah ulama hipokrit dalam penafsiran surah al-`Araf ayat 175-177 dan kontekstualisasi ulama hipokrit dengan kisah dalam surah al`araf ayat 175-177?. Penelitian ini berbentuk library research atau kepustakaan oleh karena itu data yang digunakan adalah data kualitatif yang berasal dari sumber primer dan sekunder metode yang digunakan adalah metode mawdhu`i atau tematik. Adapun hasil penelitian ini adalah 1.para mufassir menafsirkan bahwa surah al-`Araf ayat 176-177 ini merupakan kisah seorang ulama yang telah diberikan ilmu oleh Allah SWT namun ia tidak mau memanfaatkan dan mengamalkan nya sehingga ia lebih menuruti hawa nafsunya dan meninggalkan ilmunya. 2.Kontekstualisasi kisah dalam surah al-`Araf ayat 175-177 dengan prototipe ulama hipokrit: ulama su` yaitu cerminan dari Bal`am bin Baura zaman sekarang yang menjerumuskan umat dalam kesyirikan dan kekufuran, Bal’am bin Ba’ura mempunyai pemahaman dan pengetahuan yang luar bisa hebatnya. Akan tetapi ilmu tersebut ia gunakan bukan untuk menolong agamanya, tapi untuk menolong musuh menghancurkan agama Musa as yang juga agamanya. Kata kunci: Kisah Bal`am, Ulama Hipokrit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 29 Jul 2021 04:42
Last Modified: 29 Jul 2021 04:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52310

Actions (login required)

View Item View Item