Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PALLET DAN PEMILIHAN SUPPLIER DENGAN MENGGUNAKAN METODE EOQ DAN PROMETHEE (Studi Kasus Perusahaan Pallet : PT. X)

ASTIAN NOVIANTO, - (2021) ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PALLET DAN PEMILIHAN SUPPLIER DENGAN MENGGUNAKAN METODE EOQ DAN PROMETHEE (Studi Kasus Perusahaan Pallet : PT. X). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)
[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR ASTIAN NOVIANTO.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Analisa Pengendalian Persedian Bahan Baku Pallet dan Pemilihan Supplier dengan Menggunakan Metode EOQ dan PROMETHEE (Studi Kasus Perusahaan Pallet: PT. X ) Astian Novianto1 1,2 Jurusan Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sultan Syarif Kasim Riau Jl. HR. Soebrantas No. 155 Simpang Baru, Panam, Pekanbaru, 28293 Email: astian.novianto@students.uin-suska.ac.id ABSTRAK Industri manufaktur yang mengolah bahan baku kayu menjadi pallet. PT. X memiliki supplier dari daerah Koto Panjang Kampar, berjarak sekitar 97,1 KM, daerah Bunut, Siak berjarak sekitar 50,5 KM, dan daerah Teratak Buluh Kampar berjarak 16,2 KM, ini menyebabkan kayu terlambat datang. Setiap supplier tidak memiliki jadwal pasti untuk melakukan pengiriman bahan baku kayu ke PT. X.. Penelitian ini bertujuan mengetahui persediaaan optimal, Mengetahui pemesanan produk pallet yang ekonomis seperti EOQ, Safety Stock dan Re-Order Point dan guna mendukung kebutuhan bahan baku dioerlukan pemilihan supplier yang berkompeten.Pengendalian persediaan bahan baku ini dilakukan menggunakan Metode EOQ (Economic Order Quantity). Setelah mengetahui persediaan bahan baku dibutuhkan, Selanjutnya pemilihan supplier terbaik guna menunjang kebutuhan persediaan dan memenuhi kebutuhan konsumen. Metode untuk memilih supplier adalah PROMETHEE (Preference Rangking Methods of Enrichment Evaluation). Ketersediaan bahan baku optimal pada produksi pallet di PT. X melalui perhitungan metode EOQ adalah 7 mobil dengan frekuensi pembelian sebanyak 54 kali satu periode (1 tahun) sedangkan kebijakan perusahaan sebanyak 52 kali dalam setahun. Pemesanan bahan baku produk pallet yang ekonomis di PT. X melalui perhitungan Metode EOQ sebesar Rp. 5.714.985, dengan Re Order Point sebesar 9 mobil atau setara 78 m3 Supplier terbaik berdasarkan kriteria penting dalam pemenuhan bahan baku Di PT. X melalui perhitungan Promethee adalah supplier 1 atau supplier Bunut Siak yang mamiliki nilai urutan tertinggi yaitu 0,159187. Memiliki bobot prioritas level kritera, kulitas memiliki bobot paling besar yaitu 0,440010 dan bobot prioritas level sub kriteria yaitu supplier mempunya konsistensi mutu yang memiliki bobot terbesar yaitu 0,647691. Kebijakan EOQ dan Pemilihan Promethee berguna untuk evaluasi, dengan menerapkan manajemen PT. X, Perusahaan bisa menghemat Rp. 722-, dan supplier terpilih pada alternatif 1 berdasarkan aspek kualitas yang mendukung. Kata Kunci : Bahan Baku, EOQ, Persediaan, , PROMETHEE, Supplier.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 30 Jul 2021 13:28
Last Modified: 30 Jul 2021 13:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52300

Actions (login required)

View Item View Item