PENGGUNAAN APLIKASI INSTRUMENTASI SOSIOMETRI DALAM LAYANAN PENEMPATAN DAN PENYALURAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PEKANBARU

M. Yazid, (2011) PENGGUNAAN APLIKASI INSTRUMENTASI SOSIOMETRI DALAM LAYANAN PENEMPATAN DAN PENYALURAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011842.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aplikasi instrumentsi sosiometri dan faktor-faktor yang mempengaruhinya dalam pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah. Metode penelitian ini bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan kelas XI MAN 1 Pekanbaru. Sampel diambil dari setiap kelas pada masing-masing tingkatan tersebut, dengan menggunakan teknik sampling bertingkat atau stratified sampling, serta seluruh guru pembimbing yang ada di MAN 1 Pekanbaru. Data dikumpulkan melalui angket untuk siswa dan wawancara untuk guru pembimbing. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa guru pembimbing belum sepenuhnya melaksanakan aplikasi instrumentasi sosiometri sebagaimana mestinya, ada beberapa hal yang belum dilaksanakan guru pembimbing baik dalam proses pengadministrasian maupun dalam proses pengolahan sosiometri, pertama dalam memberikan instruksi pengisian angket guru pembimbing tidak menekankan agar siswa hanya memilih teman yang mereka senangi atau teman yang sangat mereka inginkan keberadaannya dalam melaksanakan kegiatan tertentu. Temuan ini juga diperkuat dengan hasil angket yang menunjukkan bahwa hanya 54.6% siswa yang menyatakan bahwa guru pembimbing telah meminta kepada siswa agar memilih teman yang mereka senangi dalam melakukan suatu kegiatan tertentu, kedua guru pembimbing tidak memberikan batasan yang jelas terhadap banyaknya pilihan siswa dan memberikan instruksi agar siswa membedakan antara urutan pertama, kedua dan ketiga atas pilihan mereka. Temuan ini juga diperkuat dengan hasil angket yang menunjukkan bahwa hanya 60.5% siswa yang menyatakan bahwa guru pembimbing telah meminta agar siswa memilih paling banyak 3 orang teman yang ia senangi dalam melakukan suatu kegiatan tertentu dan disusun berdasarkan pilihan pertama, kedua dan ketiga. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi aplikasi instrumentasi sosiometri dalam pelayanan bimbingan dan konseling adalah faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung seperti tersedianya: ruang BK, alat fotocopy, lemari untuk menyimpan data siswa, jam BK, dan team work antara guru pembimbing, wali kelas, dan guru mata pelajaran, sedangkan faktor penghambat meliputi: kurangnya guru pembimbing, tidak adanya komputer, tidak adanya printer, tidak adanya sofwer sosiometri, dan tidak tersedianya dana dalam pelaksanaan sosiometri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 11 Jan 2016 08:52
Last Modified: 11 Jan 2016 08:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/523

Actions (login required)

View Item View Item