Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI HUMAS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KECAMATAN MANDAU

Putri Wulan Sari, Putri (2021) STRATEGI HUMAS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KECAMATAN MANDAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)

Abstract

Rumahpsakit sebagai lembaga yang memberikan jasa pelayanan kesehatan, dimana masalah pelayanan kesehatannya masih sering mendapatkan keluhan dari masyarakat. Pelayanan kesehatan merupakan salah satu bagian dari pelayanan publik yang diberikan pemerintah kepada masyarakat yang mencakup pada penyediaan sarana dan prasarana kesehatan, dan akses yang mempermudah masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan tersebut. Pelayanan publik yang diberikan pemerintah kepada masyarakat dan semua warga masyarakat mempunyai hak yang sama terhadap pelayanan tersebut sesuai dengan peraturan yang berlaku. RSUD Kecamatan Mandau memberikan pelayanan rawat jalan dan juga pelayanan rawat inap. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masih banyak keluhan dari masyarakat, keluarga pasien, dan pasiennya sendiri terhadap kualitas pelayananyyang diberikan. Berbagai macam keluhan dari masyarakat dapat menimbulkan dampak positif dan negatif bagi rumah sakit itu sendiri. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori PR Strategy oleh Ahmad S. Adnanputra. MetodeQyang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah strategi humas dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik yaitu dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dalam meningkatkan efisiensi pelayanan. Adapun strategi yang dilakukan humas yaitu meningkatkan kemudahan masyarakat dalam menyampaikan keluhan dan saran, dengan menambah akses penyampaian keluhan dan saran melalui WhatsApp (WA), SMS, Email dan Website serta petugas CSO (Customer Service Officer) yang mengunjungi pasien rawat inap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Humas, Strategi Humas, Pelayanan Publik
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 27 Jul 2021 09:05
Last Modified: 27 Jul 2021 09:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52298

Actions (login required)

View Item View Item