Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENINGKATAN PENDAPATAN MUSTAHIK PADA INISIATIF ZAKAT INDONESIA (IZI) DI KOTA PEKANBARU DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH

Muhammad Alfirman, - (2021) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENINGKATAN PENDAPATAN MUSTAHIK PADA INISIATIF ZAKAT INDONESIA (IZI) DI KOTA PEKANBARU DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH. Thesis thesis, Universitas Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
PDF WATERMARK FIRMAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV dan V watermark.pdf

Download (785kB) | Preview

Abstract

Zakat merupakan salah satu dari rukun Islam yang wajib dijalankan bagi yang mampu, memiliki dua aspek yaitu aspek agama dan aspek sosial. Zakat ditinjau dari aspek agama merupakan kepatuhan kepada Allah dan Rasul-Nya, dari aspek soaial ekonomi dapat mensejahterakan masyarakat yantg kurang mampu, oleh karena itu zakat sering kali maliyah ijtima’iyah (ibadah yang berkaitan dengan ekonomi keuangan dan kemasyarakatan), namun fungsi zakat untuk mensejahterakan masyarakat akan terwujud jika zakat tidak hanya disalurkan untuk konsumtif, melainkan juga untuk produktif, dimana zakat yang diperoleh terlebih dahulu dimanfaatkan menjadi suatu usaha, yang kemudian dapat meningkatkaan pendapatan dan memberikan penghasilan tetap, sehingga tujuan utama penyaluran zakat dapat terwujud yaitu merubah status mustahik menjadi muszakki. Untuk itu dalam penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bertujuan untuk mengahui faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan mustahik, upaya-upaya yang dilakukan oleh IZI Kota Pekanbaru dalam meningkatkan pendapatan mustahik dan tinjauan ekonomi syariah tentang dana zakat yang disalurkan untuk meningkatkan pendapatan mustahik. Penelitian menggunkan metode deskriptif dan kuantitatif, analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis refresi linier berganda, dengan trasformasi data menggunkan Metode Suksesif Interval (MSI). Dari hasil penelitian ini menunjukakan ada beberapahal yang meningkatkan pendaptaan mustahik yaitu secara simultan keenam variabel yaitu dana zakat, peran lembaga zakat, pendidikan, lama usaha, jam kerja, lokasi usaha berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan pendapatan mustahi produktif diman perolehan p-value nya sebesar 0.000 (0.000 < 0.05). Sedangakan secara persial dengan menggunakan uji-t, diperoleh bahwa terdapat lima variabel yang berpengaruh secara signifikan, yaitu dana zakat, peran lembaga zakat, pendidikan, lama usaha dan jam kerja masing-masing nilai p-value sebesar 0.000, 0.000, 0.008, 0.000, dan 0.000 lebih kecil dari 0.05, sedangkan satu variabel lainnya yaitu lokasi usaha tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pendapatan mustahik produktif dengan nilai p-value nya sebesar 0.054 lebih besar dari 0.05. Upaya-upaya yang dilakukan oleh Inisiatif Zakat Indonesia untuk meningkatkan pendapatan mustahik adalah melalui pemilihan para mustahik yang akan menerima zakat produktif, melakukan pembinaan, pelatihan dan pengawasan terhadap mustahik. Tinjauan ekonomi syariah dalam penelitian ini sudah sesuai dengan ketentuan Al-Quran dan hadis serta Undang-undang No 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan zakat. Keyword : Zakat Produktif, Peningktan Pendapatan Mustahik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Ekonomi Syariah
Depositing User: pps -
Date Deposited: 27 Jul 2021 23:25
Last Modified: 27 Jul 2021 23:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52279

Actions (login required)

View Item View Item