PENGARUH PENERAPAN METODE INQUIRY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR

M. Lutfi, (2014) PENGARUH PENERAPAN METODE INQUIRY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode inquiry terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Dan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh penerapan metode inquiry terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Rumbio Jaya Kabupaten Kampar?. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 dan VIII2 masing-masing berjumlah 30 orang. Sampel yang diambil adalah keseluruhan populasi yaitu 60 siswa dengan menggunakan teknik total sampling. Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan tersebut maka digunakan rumus test-t untuk mengujinya. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan dari penelitian bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pelaksanaan Metode Inquiry Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata skor motivasi belajar siswa sebelum dilaksanakan metode Inquiry di kelas kontrol dari 20.00 menjadi 21.60, dengan peningkatan 1.6. Skor ini berada pada kategori rendah dibandingkan dengan kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen, skor motivasi belajar siswa sebelum dilaksanakan metode Inquiry dari rata-rata siswa adalah 21.13. Setelah dilakukan dengan menerapkan metode Inquiry pada motivasi belajar skor rata-rata siswa menjadi 27.10, dengan peningkatan 5.97.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Jun 2016 04:40
Last Modified: 07 Jun 2016 04:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5226

Actions (login required)

View Item View Item