Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STARTEGI DR-TA (DIRECTED READING THINKING ACTIVITY) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF SISWA PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU KELAS IV SD NEGERI 001 AIR TIRIS KECAMATAN KAMPAR

Munawaroh, - (2021) PENERAPAN STARTEGI DR-TA (DIRECTED READING THINKING ACTIVITY) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF SISWA PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU KELAS IV SD NEGERI 001 AIR TIRIS KECAMATAN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (878kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUNAWAROH.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Munawaroh (2021): Penerapan Strategi Directed Reading-Thinking Activity untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Intensif Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku di Kelas IVA Sekolah Dasar Negeri 001 Air Tiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca intensif siswa pada tema daerah tempat tinggalku melalui penerapan strategi directed reading-thinking activity di kelas IVA Sekolah Dasar Negeri 001 Air Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca intensif siswa di antaranya siswa kurang mampu menentukan ide utama dari isi teks bacaan, siswa kurang mampu menjawab pertanyaan berkaitan dengan isi teks, siswa kurang mampu menyatakan pendapat atau perasaan berkaitan dengan isi teks, dan siswa kurang mampu menyimpulkan isi teks dalam cerita teks bacaan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru kelas dan 22 orang siswa kelas IV A Sekolah Dasar Negeri 001 Air Tiris. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi directed reading thinking activity untuk meningkatkan kemampuan membaca intensif. Penelitian ini di lakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang di gunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi directed reading thinking activity dapat meningkatkan kemampuan membaca intensif. Hal ini di ketahui sebelum di lakukan tindakan di peroleh rata-rata kemampuan membaca intensif siswa mencapai 61,36% atau berada pada kategori kurang. Kemudian di lakukan tindakan dengan penerapan strategi directed reading thinking activity pada siklus I, kemampuan membaca intensif siswa sedikit meningkat dengan rata-rata 71,13% atau berada pada kategori cukup. Pada siklus II, rata-rata kemampuan membaca intensif siswa semakin meningkat yaitu 80,00% dengan kategori baik. Hal ini berarti sudah mencapai indikator keberhasilan yang di tetapkan. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa melalui penerapan strategi directed reading thinking activity pada tema Daerah Tempat Tinggalku dapat meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa di kelas IVA Sekolah Dasar Negeri 001Air Tiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. KataKunci: Strategi Directed Reading Thinking Activity, Kemampuan Membaca Intensif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 Jul 2021 08:42
Last Modified: 28 Jul 2021 08:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52239

Actions (login required)

View Item View Item