Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN PEMBELAJARAN BERBASIS POWER POINT TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN SUKAJADI KOTA PEKANBARU

Razali Pebrianto (2020) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN PEMBELAJARAN BERBASIS POWER POINT TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN SUKAJADI KOTA PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
BAB IV_Razali Febrianto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
FULL kecuali BAB IV_Razali Febrianto.pdf

Download (84MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik dan Pembelajaran Berbasis Media Power Point terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran PAI di SMP Negeri se-Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SMP Negeri se-Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru yang berjumlah 2.226 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik proportionate random sampling dengan 10% dari total polusi yakni 226 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi non partisipan, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda yaitu Y= a + b1X1 + b2 X2. Hasil Penelitian ini menunjukkan nilai R (koefisien determinasi) atau R Square sebesar 0.796 atau 79,6%. Nilai ini dapat diartikan bahwa perubahan keaktifan belajar siswa oleh perubahan nilai variabel bebas penerapan pendekatan saintifik dan pembelajaran berbasis power point sebesar 79,6% sedangkan 20,4% ditentukan oleh perubahan faktor lainnya. Nilai thitung untuk variabel penerapan pendekatan saintifik adalah 3,023 dengan sig. 0,003 lebih kecil dari 0,05 ini berarti ada pengaruh penerapan pendekatan saintifik terhadap keaktifan belajar siswa dan thitung untuk variabel pembelajaran berbasis power point adalah 25,581 dengan sig. 0,000 lebih kecil dari 0,05 ini berarti ada pengaruh pembelajaran berbasis power point terhadap keaktifan belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara penerapan pendekatan saintifik dan pembelajaran berbasis power point terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran PAI di SMP Negeri seKecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 23 Jul 2021 07:57
Last Modified: 23 Jul 2021 07:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52238

Actions (login required)

View Item View Item