Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS PELAKSANAAN BIMBINGAN PERKAWINAN BAGI CALON PENGANTIN TERHADAP KEHARMONISAN KELUARGA OLEH KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN INDRAGIRI HULU

Rahmadi (2020) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN BIMBINGAN PERKAWINAN BAGI CALON PENGANTIN TERHADAP KEHARMONISAN KELUARGA OLEH KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FULL kecuali BAB IV_Rahmadi.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB IV_Rahmadi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat efektifitas pelaksanaan bimbingan perkawinan bagi calon pengantin terhadap keharmonisan keluarga. Fenomena perceraian yang terjadi adalah akibat tidak tersedianya bimbingan ataiupun kursus calon pengantin yang memadai selama ini. Kajian ini dilakukan di Kemterian Agama Kabupaten Indragiri Hulu dengan bentuk penelitian kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menemukan 1) Bahwa bimbingan perkawinan bagi calon pengantin merupakan petunjuk atau pedoman bagi calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan. Semua calon pengantin diharuskan mengikuti kursus calon pengantin yang meliputi materi pernikahan antara lain tata cara dan prosedur pernikahan, pengetahuan agama, peraturan perundangan di bidang pernikahan dan keluarga, hak dan kewajiban suami istri, kesehatan reproduksi, manajemen keluarga, dan psikologi pernikahan dan keluarga sekaligus ajaran agama. 2) Realitas pelaksanaan bimbingan perkawinan calon pengantin dalam mewujudkan keluarga sakinah di Kabupaten Indragiri Hulu, narasumber memberikan bekal tentang pengetahuan pernikahan dan keluarga sehinggga calon pengantin memiliki kesiapan pengetahuan, fisik dan mental dalam memasuki jenjang penikahan untuk membentuk keluarga sakinah serta adanya antusias calon pengantin yang datang mengikuti serta datang kembali setelah menikah jika ada hal yang tak dipahami membuktikan bahwa bimbingan perkawinan calon pengantin sangat diperlukan dan diharapkan dengan bertambahnya pengetahuan mereka tentang pernikahan dan materi terkait, mereka dapat mengamalkannya dan bisa mewujudkan keluarga sakinah dan 3) Dengan menggunakan pendekatan kajian yang terukur, melalui kajian angket, didapati tingkat keberhasilan bimbingan perkawinan calon pengantin bagi pasangan yang menjalani hidup berumah tangga memperlihatkan respon yang positif. Hal ini juga menunjukkan adanya indikasi peranan dan sangat antusiasnya calon pengantin dalam mengikuti bimbingan perkawinan bagi calon pengantin.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Hukum Keluarga
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 23 Jul 2021 07:48
Last Modified: 23 Jul 2021 07:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52233

Actions (login required)

View Item View Item