Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENDIDIKAN FORMAL DITINJAU DARI PELUANG KERJA DI KECAMATAN PULAU MERBAU KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

Nurhaibi (2020) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENDIDIKAN FORMAL DITINJAU DARI PELUANG KERJA DI KECAMATAN PULAU MERBAU KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FULL kecuali BAB IV_Nurhaibi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB IV_Nurhaibi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang persepsi masyarakat terhadap pendidikan formal ditinjau dari peluang kerja di kecamatan Pulau Merbau. Pendidikan mempunyai peran utama dalam meningkatkan potensi masyarakat dari berbagaia spek, dengan pendidikan masyarakat berpotensi dalam perkembangan suatu daerah, karena pendidikan itu subjek utamanya adalah masyarakat. Masyarakat merupakan sistemsosial yang memiliki warna tersendiri, setiap aksi-aksi mayasrakat merupakan respon sekaligus stimulus bagi munculnya inovasi dan transformasi, dari respon serta proses tranformasi tersebut berdampak sebuah kesan yang akan menimbulkan tindakan yang dikenal dengan persepsi. Persepsi adalah tanggapan yang muncul dari apa yang diperhatikan dan dirasakan sehingga membawa kepada pengambilan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat terhadap pendidikan formal ditinjau dari peluang kerja. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi masyarakat terhadap urgensinya pendidikan formal?, bagaimana persepsi masyarakat terhadap pendidikan formal ditinjau dari peluang kerja?, serta faktorfaktor apa saja yang mempengaruhi persepsi masyarakat?. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriftif kualitatif dengan jumlah informan penelitian sebanyak 216 orang yaitu masyarakat yang tamat Sekolah Menengah Atas tetapi tidak melanjutkan pendidikan tinggi. Metode pengumpulan data adalah dokumentasi, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian bahwa persepsi masyarakat terhadap pendidikan formal itu baik, hanya saja ada suatu tujuan untuk mendapat kepentingan yang menjadikan masyarakat tidak melanjutkan pendidikan formal (pendidikantinggi ) dimana melanjutkan pendidikan formal (pendidikan tinggi ) bagi masyarakat masih beroreantasi dengan peluang kerja, serta menumpuknya parasarjana yang pengagguran. Kemudian faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat di Kecamatan Pulau Merbau terhadap pendidikan formal ditinjau dari peluang kerja yaitu, faktor ekonomi, mental, intelektual, instansi yang memakai orang dalam,serta lemahnya pengetahuan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 23 Jul 2021 07:33
Last Modified: 23 Jul 2021 07:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52232

Actions (login required)

View Item View Item