Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI EKSTRA KURIKULER PRAKTEK IBADAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA PADA MADRASAH TSANAWIYAH DI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Kasmerianto (2020) IMPLEMENTASI EKSTRA KURIKULER PRAKTEK IBADAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA PADA MADRASAH TSANAWIYAH DI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FULL kecuali BAB IV_Kasmerianto.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB IV_Kasmerianto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB)

Abstract

Proses pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan di Indonesia saat ini lebih banyak diarahkan kepada kemampuan berfikir siswa, namun dalam hal sikap dan perilaku belum begitu maksimal, dan juga keterbatasan alokasi waktu mata pelajaran yang berorientasi kepada sikap dan perilaku disatuan pendidikan masih sedikit, sehingga diperlukan kegiatan ekstrakurikuler yang bernuansa agama, untuk pembentukan karakter siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1). Bagaimana Implementasi Ekstrakurikuler Praktek Ibadah dalam Pembentukan Karakter Siswa Madrasah Tsanawiyah di Kabupaen Kuantan Singingi 2). Karakter apasaja yang dibentuk melalui implementasi kegiatan ekstrakurikuler praktek ibadah siswa Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Kuantan Singingi 3 ). Kendala apa saja dalam implementasi kegiatan ekstrakurikuler praktek ibadah dalam pembentukan karakter siswa Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini digolongkan penelitian kualitatif yang bersifat deskriftif analitis. Dengan menggunakan teknik purposive sample, dimana hanya diambil 2 madrasah.. Teknik pengumpulan datanya observasi, dokumentasi dan wawancara, dengan teknik analisis data secara induktif, deduktif dan komperatif. Berdasarkan dari data yang ada, didapatkan hasil bahwa implementasi ekstrakurikuler praktek ibadah dapat membentuk karakter siswa Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Kuantan Singingi, meski masih ada kendala dalam pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 23 Jul 2021 04:34
Last Modified: 06 Oct 2021 07:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52224

Actions (login required)

View Item View Item