Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI SMKN 1 SEBERIDA KABUPATEN INDRAGIRI HULU

Indra Mudrika (2020) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI SMKN 1 SEBERIDA KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FULL kecuali BAB IV_Indra Murdika.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB IV_Indra Murdika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk Menganalisis nilai-nilai dalam pelaksanaan pendidikan multikultural apa saja di SMKN 1 Seberida dan menganalisis strategi apa saja yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai multikultural di SMKN 1 Seberida. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, kemudian diverifikasi lalu ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai multikultural yaitu proses penananam nilai-nilai multikultural di SMKN 1 Seberida Kabupaten Indragiri Hulu, menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan diskusi sehingga tidak terjadi perdebatan yang berdampak pada perselisihan antar siswa muslim dan non muslim. Hasil dari penanaman nilai-nilai multikultural menunjukkan bahwa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, peserta didik memberikan respon positif atas apa yang disampaikan guru di dalam kelas. Berdasarkan observasi penelitian di luar kelas, peserta didik menunjukkan sikap-sikap multikultural yang sangat baik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 23 Jul 2021 03:54
Last Modified: 23 Jul 2021 07:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52209

Actions (login required)

View Item View Item