Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PELAKSANAAN SUPERVISI DAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KEPUASAN KERJA TENAGA PENDIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH SE KECAMATAN PERHENTIAN RAJA KABUPATEN KAMPAR

Husnidar (2020) PENGARUH PELAKSANAAN SUPERVISI DAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KEPUASAN KERJA TENAGA PENDIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH SE KECAMATAN PERHENTIAN RAJA KABUPATEN KAMPAR. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
BAB IV_HUSNIDAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Tesis FULL kecuali BAB IV_Husnidar.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin maju sehingga menimbulkan persaingan yang ketat. Persaingan ini memaksa kepala madrasah agar berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitas lembaga pendidikan yang di kelolanya. Dalam lembaga pendidikan tenaga pendidik menjadi tolak ukur keberhasilan proses pendidikan, dan untuk itu kepala madrasah harus mampu menciptakan kepuasan kerja bagi tenaga pendidiknya. Untuk mencapai kepuasan kerja tenaga pendidik, dipengaruhi oelh banyak faktor, di antaranya: keamanan, manajemen, pengawasan/supervisi, gaji, faktor instrinsik, kesempatan untuk maju, kondisi kerja, fasilitas, komunikasi dan aspek sosial. Karena banyaknya faktor yang mempengaruhi, maka di buatlah batasan masalah pada pelaksanaan supervisi (pengawasan) dan kepemimpinan kepala madrasah. Tujuan Penelitian ini adalah, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelaksanaan supervisi terhadap kepuasan kerja tenaga pendidik, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kepuasan kerja tenaga pendidik dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelaksanaan supervisi dan kepemimpinan kepala madrasah secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja tenaga pendidik di Madrasah Tsanawiyah se kecamatan Perhentian Raja. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, subjek penelitiannya adalah seluruh tenaga pendidik yang berjumlah 61 orang, sedangkan objeknya adalah kepuasan kerja tenaga pendidik. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi dan diolah dengan menggunakan SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan terdapatnya pengaruh pelaksanaan supervisi terhadap kepuasan kerja tenaga pendidik sebesar 46,2% dan terdapat juga pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kepuasan kerja tenaga pendidik di Madrasah Tsanawiyah se kecamatan Perhentian Raja sebesar 48,2%, dan terdapat pengaruh pelaksanaan supervisi dan kepemimpinan kepala madrasah di Madrasah Tsanawiyah se kecamatan Perhentian Raja secara simultan sebesar 52,2%. Hal ini membuktikan kedua faktor tersebut mempunyai pengaruh terhadap kepuasan kerja tenaga pendidik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 23 Jul 2021 03:17
Last Modified: 05 Oct 2021 15:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52207

Actions (login required)

View Item View Item