Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Tebak Kata untuk meningkatkan kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar

Nurhadijah Tanjung, - (2021) Penerapan Model Pembelajaran Tebak Kata untuk meningkatkan kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (900kB)

Abstract

ABSTRAK Nurhadijah Tanjung, (2021): Penerapan Model Pembelajaran Tebak Kata untuk meningkatkan kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran Tebak Kata yang dapat meningkatkan kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang subjeknya adalah 1 orang guru dan 16 siswa, dan objeknya adalah model pembelajaran Tebak Kata dan kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dan pada setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi, dan teknik analisis datanya adalah analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan data hasil penelitian, tergambar bahwa model pembelajaran Tebak Kata dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dapat dilihat pada grafik perkembangannya, dimana sebelum tindakan perbaikan dilakukan, nilai rata-rata siswa dalam Berpikir Kritis Siswa hanya mencapai 58,75 atau tergolong dalam kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas pada siklus I, nilai rata-rata siswa dalam Berpikir Kritis Siswa meningkat menjadi 62,8 dan masih berada pada kategori kurang. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat kembali menjadi 76,8 dan sudah berada pada kategori baik. Dengan demikian disimpulkan bahwa model pembelajaran Tebak Kata dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam dikelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Tebak Kata, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jul 2021 06:32
Last Modified: 27 Jul 2021 06:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52179

Actions (login required)

View Item View Item