Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik dengan bantuan Media Perkalian Kanada terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika pada Muatan Pelajaran Matematika Kelas IV SD Muhammadiyah 002 Penyasawan Kecamatan Kampar

Rahma Deni, - (2021) Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik dengan bantuan Media Perkalian Kanada terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika pada Muatan Pelajaran Matematika Kelas IV SD Muhammadiyah 002 Penyasawan Kecamatan Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rahma Deni, (2021): Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik dengan bantuan Media Perkalian Kanada terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika pada Muatan Pelajaran Matematika Kelas IV SD Muhammadiyah 002 Penyasawan Kecamatan Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dari pendekatan matematika realistik dengan bantuan media perkalian kanada terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas IV pada muatan pembelajaran matematika di SD Muhammadiyah 002 Penyasawan Kec. Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi atas rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran Matematika. Penelitian ini adalah Quasi Eksperiment, populasi seluruh siswa kelas IV SD Muhammadiyah 002 Penyasawan Kec. Kampar, sampel penelitian ini adalah Sampling Jenuh kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Dengan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik rata-rata pencapaian pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen sebesar 80,13 lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol yang hanya mencapai 72,13. Berdasarkan analisis uji-t dari nilai kemampuan pemahaman konsep perkalian siswa pada kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai thitung 4,075 maka , ttabel taraf signifikan 5 % adalah 1,669 nilai thitung ˃ ttabel yaitu 4,075 ˃ 1,669 maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan pendekatan matematika realistik dengan bantuan media perkalian kanada terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada muatan pelajaran matematika di SD Muhammadiyah 002 Penyasawan Kec. Kampar. Kata Kunci: Matematika Realistik, Media Perkalian Kanada, Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jul 2021 03:33
Last Modified: 27 Jul 2021 03:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52171

Actions (login required)

View Item View Item