PERANAN GURU PEMBIMBING DALAM MELAKSANAKAN BIMBINGAN SISWA UNDERACHIEVER DI SMA PONDOK PESANTREN BABUSSALAM PEKANBARU

Anita Lubis, (2014) PERANAN GURU PEMBIMBING DALAM MELAKSANAKAN BIMBINGAN SISWA UNDERACHIEVER DI SMA PONDOK PESANTREN BABUSSALAM PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (16kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui bagaimana peranan guru pembimbing dalam membimbing siswa underachiever. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat guru pembimbing dalam melaksanakan bimbingan siswa underachiever di SMA Pondok Pesantren Babussalam Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru pembimbing, sedangkan yang menjadi objek pada penelitian ini adalah peranan guru pembimbing dalam melaksanakan bimbingan siswa underachiever. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru pembimbing yang berjumlah 1 orang, tekhnik analisa data yang digunakan ialah deskriftif kualitatif data. Hasil wawancara yang sudah terkumpul disajikan dengan bentuk narasi. Hasil penelitian menunjukkan Peranan guru pembimbing dalam melaksanakan bimbingan siswa underachiever seperti: (a) Guru pembimbing melakukan identifikasi. (b) Setelah melakukan identifikasi guru pembimbing memanggil siswa, kemudian berupaya mencari tahu kelemahan siswa dan mencari tahu latar belakang siswa, memberi bimbingan .(c) Guru pembimbing menetapkan kesulitan belajar siswa underachiever. (d) Memberi motivasi siswa agar siswa percaya diri dengan kemampuannya. (e) Guru pembimbing menetapkan latar belakang siswa underachiever. Guru pembimbing berusaha memberi layanan konseling individual f) Guru pembimbing menindak lanjuti permasalahan siswa underachiever g) Guru memberi layanan konseling individual. h) Guru pembimbing melakukan kerja sama dengan pihak lain. Faktor pendukung (1) Pendidikan guru pembimbing berasal dari S1 di UNRI, jurusan bimbingan konseling. (2) Guru pembimbing mempunyai pemgalaman mengikuti seminar seminar BK dan pelatihan-pelatihan BK. (3) Guru pembimbing telah memahami siswa underachiever (4) Guru pembimbing mendapat dukungan dari pihak lain seperti, kepala sekolah, guru mata pelajaran, wali kelas, TU dan orang tua siswa. Sedangkan faktor penghambat: (1) Masih adanya guru yang tidak mau diajak bekerja sama.(2) Masih adanya guru yang menutupi masalah yang ada pada siswa dan masih adanya guru menganggap sanggup menyelesaikan masalah siswa tanpa memberi tahu guru pembimbing.(3) guru pembimbing merangkap tugas ganda seperti, menjadi guru pembimbing dan penjaga perpustakaan. sehingga guru pembimbing tidak dapat memantau semua siswa. Kata kunci: peranan guru pembimbing, siswa underchiver

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Jun 2016 04:22
Last Modified: 07 Jun 2016 04:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5212

Actions (login required)

View Item View Item