Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PROGRAM ZAKAT COMMUNITY DEVELOPMENT (BANTUAN TERNAK SAPI) OLEH BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI (Studi Kasus Di Desa Beting Kabupaten Kepulauan Meranti)

SITI TAZKIAH, - (2021) PELAKSANAAN PROGRAM ZAKAT COMMUNITY DEVELOPMENT (BANTUAN TERNAK SAPI) OLEH BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI (Studi Kasus Di Desa Beting Kabupaten Kepulauan Meranti). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : SITI TAZKIAH Jurusan : Manajemen Dakwah Judul : Pelaksanaan Program Zakat Community development (Bantuan Ternak Sapi) Oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Kepulauan Meranti (Studi Kasus Di Desa Beting Kabupaten Kepulauan Meranti) Penelitian ini dilatarbelakangi karena tingkat kemiskinan yang masih tinggi di Kabupaten Kepulauan Meranti, salah satunya di Desa Beting. Masyarakat setempat mayoritas tergolong dalam keadaan miskin karena kesehariannya hanya bekerja serabutan seperti merawat ternak sapi orang lain. Keadaan tersebut membuat mereka sulit untuk keluar dari garis kemiskinan. Melalui pelaksanaan program ZCD bantuan ternak sapi ini diharapkan masyarakat bisa mengembangkan agar kedepannya kehidupan mereka lebih mandiri dan sejahtera. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan program ZCD di Desa Beting oleh BAZNAS Kabupaten Kepulauan Meranti. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah sebelas orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program zakat community development (bantuan ternak sapi) berjalan sesuai prosedur. Hal ini didukung dengan adanya langkah-langkah yang tepat pada pelaksanaannya yaitu pengumpulan dana, survey dan verfikasi, pendistribusian bantuan, pendampingan dan evaluasi program. Pengumpulan dana dilakukan dengan cara mengajukan proposal ke BAZNAS Pusat kemudian dilakukan survey dan verifikasi. Setelah mendapat persetujuan dari BAZNAS Pusat, pembiayaan pun disalurkan ke BAZNAS Kabupaten Kepulauan Meranti untuk kemudian disalurkan kembali ke mustahik diwilayah Kabupaten Kepulauan Meranti. Selanjutnya setelah dana didistribusikan ke mustahik dalam bentuk bantuan sapi maka kemudian dilakukan pendampingan agar proses program zakat community development (bantuan ternak sapi) dapat berjalan lebih efektif. Dan yang terakhir dilakukan evaluasi agar menjadi tolak ukur apakah tujuan program zakat community development (bantuan ternak sapi) itu tercapai. Melalui pelaksanaan program zakat community development (bantuan ternak sapi) oleh BAZNAS Kabupaten Kepulauan Meranti ini menjadikan mustahik lebih mandiri dalam memberdayakan bantuan sapi. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya hasil dari bantuan yang diberikan. Kata Kunci: Pelaksanaan, Program Zakat Community development (ZCD), Bantuan Ternak Sapi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 23 Jul 2021 07:17
Last Modified: 23 Jul 2021 07:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52112

Actions (login required)

View Item View Item