Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Metode Belajar Bahasa Komunitas Untuk Meningkatkan Maharah Qiroah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswi Di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Diniyah Puteri Pekanbaru Riau.

Ade Fahrur Roji, - (2021) Penerapan Metode Belajar Bahasa Komunitas Untuk Meningkatkan Maharah Qiroah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswi Di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Diniyah Puteri Pekanbaru Riau. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ADE FAHRUR ROJI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ade Fahrur Roji, (0202): Penerapan Metode Belajar Bahasa Komunitas Untuk Meningkatkan Maharah Qiroah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswi Di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Diniyah Puteri Pekanbaru Riau. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui penerapan metode belajar bahasa komunitas untuk meningkatkan maharah qiroah dalam pembelajaran Bahasa Arab siswi di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Diniyah Puteri Pekanbaru Riau. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah metode belajar bahasa komunitas efektif untuk meningkatkan maharah qiroah dalam pembelajaran Bahasa Arab siswi di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Diniyah Puteri Pekanbaru Riau ?” Penelitian ini dimulai dari merancang langkah-langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian tes. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MA Diniyah Puteri pekanbaru tahun ajaran 0002/0000, dengan sampel siswi kelas X A sebagai kelas eksperimen dan kelas X B sebagai kelas kontrol MA Diniyah Puteri Pekanbaru. Subjek penelitian adalah guru dan siswi kelas X A dan X B MA Diniyah Puteri pekanbaru. Objek penelitian ini adalah meningkatkan maharah qiroah dalam pembelajaran Bahasa Arab siswi di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Diniyah Puteri Pekanbaru Riau. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan tes. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode belajar bahasa komunitas efektif untuk meningkatkan maharah qiroah dalam pembelajaran Bahasa Arab siswi di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Diniyah Puteri Pekanbaru Riau Karena nilai to = 5103 lebih besar dari tt pada taraf signifikansi 01 = 01.0 dan taraf signifikansi 31= 0103 ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain penerapan metode belajar bahasa komunitas efektif untuk meningkatkan maharah qiroah dalam pembelajaran Bahasa Arab siswi di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Diniyah Puteri Pekanbaru Riau. Kata Kunci : Penerapan, Metode Belajar Bahasa Komunitas, Maharah Qiroah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Jul 2021 07:32
Last Modified: 23 Jul 2021 07:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52109

Actions (login required)

View Item View Item