PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN METODE KERJA KELOMPOK DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 SINABOI KABUPATEN ROKAN HILIR

Saydatur Robithoh, (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN METODE KERJA KELOMPOK DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 SINABOI KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (75kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode kerja kelompok dan metode demonstrasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah ada Perbedaan yang Signifikan Antara Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Metode Kerja Kelompok dengan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir?” Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir yang berjumlah 51 orang, terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPS3 dan XI IPS4 yang telah diuji homogenitasnya menggunakan uji Bartlett. Objek penelitian ini adalah perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan metode kerja kelompok dengan metode demonstrasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir. Adapun populasi dalam penelitian ini terdiri dari lima kelas. Mengingat hanya dua kelas yang akan dijadikan sampel maka peneliti melakukan penarikan sampel dengan teknik Random Sampling setelah diketahui homogennya dari kelima kelas tersebut dengan cara uji homogenitas metode Barlett. Teknik pengumpulan datanya berupa observasi, dokumentasi dan tes. Sedangkan untuk menganalisis data peneliti menggunakan rumus tes “t”. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode kerja kelompok dan metode demonstrasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir. Di mana t hitung = 3,61 yang berarti lebih besar dari ttabel baik pada taraf signifikan 5% = 2,02 maupun pada taraf signifikan 1% = 2, 69 = (2,02 < 3,61 > 2,69). Di mana hasil belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan menggunakan metode kerja kelompok. Dengan perbandingan standar deviasi hasil belajar dengan menggunakan metode kerja kelompok = 8,435 dan hasil belajar dengan menggunakan metode demonstrasi = 8,955.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Jun 2016 04:19
Last Modified: 07 Jun 2016 04:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5210

Actions (login required)

View Item View Item