Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PENERTIBAN PERIZINAN PASAR ILEGAL BERDASARKAN PERATURAN DAERAH NOMOR 9 TAHUN 2014 TENTANG PENGELOLAAN PASAR RAKYAT PUSAT PERBELANJAAN DAN TOKO SWALAYAN DI KOTA PEKANBARU

Fristria Dini Arianti, - (2021) PELAKSANAAN PENERTIBAN PERIZINAN PASAR ILEGAL BERDASARKAN PERATURAN DAERAH NOMOR 9 TAHUN 2014 TENTANG PENGELOLAAN PASAR RAKYAT PUSAT PERBELANJAAN DAN TOKO SWALAYAN DI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI Fristria Dini Arianti.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fristria Dini Arianti : Pelaksanaan Penertiban Perizinan Pasar ilegal Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Pasar Rakyat Pusat Perbelanjaan dan Toko Swalayan Di Kota Pekanbaru Kota Pekanbaru merupakan Ibu Kota Provinsi Riau. Kota ini diberikan wewenang oleh Pemerintah Pusat untuk mengurus rumah tangganya sendiri atau menjalankan pemerintahan sebagai daerah yang berotonom. Dalam mencapai keadilan sosial pemerintah kota Pekanbaru menjamin masyarakatnya dalam berbagai sektor seperti ekonomi, pendidikan, keagamaan, politik dan lain-lain, dalam sektor ekonomi manyarakat diberikan hak yang sama dalam melakukan transaksi ekonomi seperti jual beli. Pasar ilegal yang termasuk dalam permasalahan ini adalah pasar kaget yang diadakan oleh inisiatif masyarakat, tanpa adanya izin dari pemerintah (ilegal). Selanjutnya pasar Ilegal disebut dengan Pasar Kaget. Menjamurnya pasar kaget di Kota Pekanbaru membuat dampak yang sangat besar bagi para pedagang dipasar rakyat (legal), seperti banyak sebagian masyarakat lebih memilih berbelanja di pasar kaget dengan alasan harga dipasar kaget lebih murah dan pasar kaget lebih mudah dijangkau oleh masyarakat, tetapi pasar kaget tidak memiliki izin dari Pemerintah Kota. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Hukum Sosiologis atau penelitian lapangan yang bersifat Deskriptif Kualitatif berupa katakata tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang diamati. Dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling yakni pemilihan sekelompok subjek atas ciri-ciri atau sifat-sifat tertentu yang dipandang mempunyai sangkut paut yang erat dengan ciri-ciri atau sifat-sifat populasi yang sudah diketahui sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, pengelolaan yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan kota Pekanbaru terhadap pasar kaget yang sudah sangat menjamur saat ini masih belum sesuai harapan. Pengelolaan yang di lakukan masih hanya sekedar mendata belum ada di lakukan untuk penertiban perizinan dan memindahkan para pedagang pasar kaget ke pasar rakyat yang telah disediakan oleh pemerintah. dengan berjualan di pasar kaget. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa pengelolaan pasar kaget oleh DPP kota Pekanbaru masih belum maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 22 Jul 2021 04:33
Last Modified: 22 Jul 2021 04:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52099

Actions (login required)

View Item View Item