Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Situatuion-Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 014 Pulau Payung Kampar

Agus Rialdi, - (2021) Penerapan Model Pembelajaran Situatuion-Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 014 Pulau Payung Kampar. Skripsi thesis, UNIVRSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN(1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (754kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV(1).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Agus Rialdi, (2021): Penerapan Model Pembelajaran Situatuion-Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 014 Pulau Payung Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika melalui model pembelajaran situation-based learning di kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 014 Pulau Payung Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran situation-based learning dan kemampuan pemahaman konsep siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan kemampuan pemahaman konsep siswa sebelum tindakan hanya mencapai 51,89 dengan kategori cukup karena berada pada rentang 41-60, setelah dilakukan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 67,80 dengan kategori baik karena berada pada rentang 61-80, dan pada siklus II meningkat menjadi 81,82 dengan kategori baik sekali karena berada pada rentang 81-100. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran siuation-based learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 014 Pulau Payung Kampar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Siuation-Based Learning, Pemahaman Konsep Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Jul 2021 05:43
Last Modified: 22 Jul 2021 05:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52079

Actions (login required)

View Item View Item