Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS EKSTRAK BIJI MAHONI (Swietenia mahagoni (L.) Jacq.) DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN Lasiodiplodia theobromae SECARA IN VITRO

Karvina, - (2021) EFEKTIVITAS EKSTRAK BIJI MAHONI (Swietenia mahagoni (L.) Jacq.) DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN Lasiodiplodia theobromae SECARA IN VITRO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Lasiodiplodia theobromae merupakan jamur patogen penyebab penyakit pada jeruk (Citrus sp). yang dapat mengakibatkan kematian ranting, cabang, batang tanaman, bahkan menyebabkan kematian pada jeruk, sehingga perlu dikendalikan. Pengendalian yang ramah lingkungan dapat dilakukan dengan menggunakan fungisida nabati berupa ekstrak biji mahoni. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan konsentrasi ekstrak biji mahoni terbaik dan efektif dalam menghambat pertumbuhan L. theobromae secara in vitro. Penelitian ini telah dilaksanakan pada Bulan Maret sampai April 2021 di Laboratorium Patologi, Entomologi, Mikrobiologi dan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian dilakukan melalui percobaan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan perlakuan yakni 5 konsentrasi ekstrak biji mahoni (0; 0,5; 1,0; 2,5; dan 5,0%) dengan 4 ulangan. Parameter meliputi morfologi koloni, laju pertumbuhan, diameter koloni, luas koloni dan daya hambat koloni L. theobromae. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan pemberian konsentrasi ekstrak biji mahoni berpengaruh terhadap bentuk morfologi koloni, menurunkan laju pertumbuhan koloni, diameter koloni, luas koloni, dan meningkatkan daya hambat terhadap koloni L. theobromae. Kesimpulan dari penelitian ini adalah konsentrasi 5,0% merupakan konsentrasi terbaik dan cukup efektif dalam menghambat pertumbuhan L. theobromae secara in vitro. Kata kunci: fungisida, jeruk, Lasiodiplodia theobromae, mahoni.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 22 Jul 2021 05:36
Last Modified: 22 Jul 2021 05:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52076

Actions (login required)

View Item View Item