Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KOMPETENSI GURU, PENGALAMAN DAN PELATIHAN TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM 13 SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) DI KOTA PEKANABARU

Muher, - (2021) PENGARUH KOMPETENSI GURU, PENGALAMAN DAN PELATIHAN TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM 13 SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) DI KOTA PEKANABARU. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TESIS MUHER.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muher (2021) : Pengaruh Kompetensi Guru, Pengalaman dan Pelatihan terhadap Implementasi Kurikulum 13 Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) di Kota Pekanbaru Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang belum memiliki kompetensi yang cukup untuk mengajar; masih ada guru yang mengabaikan aspek-aspek mengenai dasardasar mengajar; masih kurangnya kompetensi guru yang sudah tersertifikasi; pelatihan yang jarang diikuti oleh guru; mengikuti pelatihan yang kurang maksimal; masih rendahnya pengalaman mengajar guru; dan masih sedikitnya guru yang sadar pentingnya pendidikan dalam membangkitkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kompetensi guru, terhadap implementasi kurikulum 13 Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) di kota Pekanbaru; 2) mengetahui ada atau tidaknya pengalaman mengajar terhadap implementasi kurikulum 13 di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) di kota Pekanbaru; 3) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pelatihan terhadap implementasi kurikulum 13 di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) di kota Pekanbaru; dan 4) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kompetensi guru, pengalaman mengajar dan pelatihan secara bersama–sama terhadap implementasi kurikulum 13 di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) di kota Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu guru PAI Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) di kota Pekanbaru, sebanyak 38 orang yang tersebar di 31 Sekolah Dasar Islam Terpadu. Dari jumlah guru PAI di atas, peneliti menarik sampel dengan menggunakan sampel jenuh yaitu teknik sampel dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: kuisioner, dokumentasi. Teknik analisis data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan bantuan program SPSS versi 17.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Variabel bebas yaitu kompetensi, pelatihan, dan pengalaman mengajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel terikat, yaitu implementasi kurikulum 13 Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) di kota Pekanbaru. Pengaruh tersebut sebesar 76,5%, sedangkan sisanya sebesar 23,5% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain di luar variabel dalam penelitian ini. Kata Kunci : Kompetensi Guru, Pengalaman, Pelatihan, Implementasi Kurikulum 13, Sekolah Dasar Islam Terpadu

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 19 Jul 2021 04:09
Last Modified: 19 Jul 2021 04:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52036

Actions (login required)

View Item View Item