HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU

Leiga Mariza, (2011) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011838.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Guru yang memiliki motivasi kerja yang baik akan selalu berusaha untuk tepat waktu, efesien, menetapkan aturan-aturan yang harus dipenuhi bersama, serta menciptakan suasana kerja yang baik yang pada akhirnya akan menghasilkan kinerja yang baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara motivasi kerja guru dan kinerja guru di Sekolah Menengah Kejurusan (SMK) Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Penelitian ini termasuk penelitian korelatif yang berusaha menghubungkan dua variabel yaitu variabel motivasi kerja guru (X) dan kinerja guru (Y). Populasi penelitian adalah seluruh guru SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru yang berjumlah 57 orang, dan penulis mengambil sampel sebanyak 47 guru karena dalam penelitian ini dituntut untuk melakukan uji coba instrumen, maka peneliti mengambil 10 orang dari jumlah populasi. Untuk mengumpulkan data baik mengenai motivasi kerja dan kinerja guru penulis menggunakan teknik angket. Setelah angket disusun, penulis mengadakan uji coba terhadap angket tersebut untuk mengetahui validitas dan realibilitas instrument yang telah disusun. Uji coba dilakukan terhadap 10 orang guru SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru, sehingga untuk selanjutnya analisa data hanya dilakukan terhadap 47 orang guru. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis secara korelasi dengan teknik korelasi product moment. Dalam upaya mengalisis data tersebut penulis menggunakan bantuan perangkatkomputer program SPSS versi 16.0 For Widows. Setelah data di olah dengan menggunakan program SPSS versi 16.0 For Windows di peroleh kesimpulan bahwa ada hubungan yang signifikan antara Motivasi Kerja dan Kinerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 2 Pekanbaru, hal ini di buktikan melalui perolehan hasil Descrptive Statistics yang menyebutkan bahwa motivasi kerja guru di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru tergolong sedang yaitu sebesar 53,20%, dan kinerja guru di Sekolah Menengah Kejeruan SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru tergolong kurang baik yaitu sebesar 55,30%, kemudian di korelasikan antara keduanya dengan menggunakan rumus “r” Korelasi product Moment diperoleh nilai “r” (Pearson Correlation) sebesar 0.981 dengan tingkat probabilitas 0,000. Oleh karena probabilitas lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha yang artinya ada hubungan yang signifikan antara motivasi kerja dan kinerja guru di Sekolah Menengah Kejeruan (SMK) Muhammadiyah 2 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 11 Jan 2016 08:52
Last Modified: 11 Jan 2016 08:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/520

Actions (login required)

View Item View Item