Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatakan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa kelas IV pada tema indahnya keragaman negeriku di SDIT Fadhilah Pekanbaru.

Khairul Aidi, - (2021) Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatakan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa kelas IV pada tema indahnya keragaman negeriku di SDIT Fadhilah Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (991kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Khairul Aidi, 2021 :Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatakan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa kelas IV pada tema indahnya keragaman negeriku di SDIT Fadhilah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema indahnya keragaman dinegeriku model pembelajaran think pair share di Kelas IV SDIT Fadhilah Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis diantaranya siswa kurang mampu menyatakan pendapatnya dengan menggunakan alasan yang logis terkait materi yang disampaikan oleh guru, siswa kurang mau bertanya mengenai materi yang di ajarkan dan kurang mampu menjawab pertanyaan hots dan memberikan argumentasi dengan baik pada saat penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 28 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran think pair share dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum tindakan hanya mencapai 58,57 dengan kategori kurang dengan ketuntasan klasikal 25%. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan rata-rata rata 66,96 dengan kategori kurang dan ketuntasan klasikal 46,42%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan rata-rata 76,07 dengan kategori cukup dan ketuntasan klasikal 82,14%. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan kemampaun berpikir kritis siswa pada muatan pelajaran ilmu pengetahun sosial di kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Fadhillah Pekanbaru. Kata Kunci : Model Think Pair Share, kemampuan berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Jul 2021 06:44
Last Modified: 22 Jul 2021 06:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51991

Actions (login required)

View Item View Item