Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN PIMPINAN DALAM MENGELOLA RUMAH TAHFIDZ NURSYAM DJAMARIS SUNGAYANG KABUPATEN TANAH DATAR PROVINSI SUMATERA BARAT

Suci Putri Mulya, Suci (2021) PERAN PIMPINAN DALAM MENGELOLA RUMAH TAHFIDZ NURSYAM DJAMARIS SUNGAYANG KABUPATEN TANAH DATAR PROVINSI SUMATERA BARAT. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rumah tahfidz Nursyam Djamaris Sungayang merupakan wadah atau tempat anak di didik mengaji dan menghafal Al-Quran hanya sebatas usia sekolah dasar. Konsep dari rumah tahfidz Nursyam Djamris sungayang sendiri menciptakan generasi- generasi pecinta Al- Quran di tengah lingkungan Masyarakat. Dalam hal ini keberadaan rumah tahfidz Nursyam Djamaris Sungayang menjadi sangat penting disaat fungsi TPA (Taman Baca Al- Quran ) di nagari sungayang sendiri dimaknai sebagai tempat mengaji dan menghafal Al-Quran sebatas usia sekolah dasar. Oleh karena itu dengan adanya rumah tahfidz Nursyam Djamaris Sungayang merupakan soslusi atau fasilitator bagi anak- anak yang tidak (mengikuti TPA) dan remaja yang berkeinginan lebih jauh dalam memahami dan menghafal Al-Quran. Tentunya di dalam rumah tahfidz dibutuhkannya peran atau sosok dari seorang yakni pimpinan yang dapat mengelola, mengerakkan, mengkoordinirkan, serta menselaraskan sumberdaya yang ada di rumah tahfidz dalam mencapat tujuan dari rumah tahfidz Nursyam Djamaris Suangayang sendiri. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk dapat mengetahui bagaimana peran pimpinan dalam mengelola rumah tahfidz Nursyam Djamaris Sungayang. Jenis penelitian ini mengunankan metode Kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan. Pertama, Peran pimpinan sebagai penentu arah yang mana disini pimpinan ikut terlibat langsung dalam proses menghafal Al-Quran pada santri serta memastikan perkembangan sejauh mana tingkatan hafalan santri dalam proses menghafal santri pimpinan selalu mengawasi dan mengontrol sejaumana hafalan santri. Kedua, Peran sebagai penentu arah disini pimpinan yang mana sebagai agen pengerak perubahan terhadap karakter santri dan sebagai agen perubahan dalam meningkatkan hafalan santri. Ketiga, Peran pimpinan sebgai pembicara disini sebagai pemberi informasi dalam memberikan informasi perlunya keterbukaan dan kejelasan seorang pimpinan dalam menyampaikan informasi. Keempat, Peran pimpinan sebgai panutan disini sebagai contoh yang baik, yang merupakan contoh teladan yang patut di contoh di lingkungan rumah tahfiz Nursyam Djamris Sungayang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Pimpinan, Rumah Tahfidz.
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 22 Jul 2021 06:50
Last Modified: 22 Jul 2021 06:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51944

Actions (login required)

View Item View Item