PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW IITERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Novelia, (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW IITERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, sehingga dapat dilihat adanya pengaruh atau tidak adanya pengaruh strategi tersebut terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design . Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tambang Kabupaten Kampar Tahun Pelajaran 2013/2014, sedangkan untuk sampel penelitian ini penulis menggunakan teknik random sampling. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama lima kali, yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk mengetahui hasil penelitian mengenai pemahaman konsep matematika siswa dilakukan uji t. Pengambilan keputusan dilakukan dengan membandingkan nilai thitung dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dimana nilai t hitung adalah 2,14 dan nilai ttabel adalah 2,02. Oleh karena itu thitung > ttabel karena 2,14 > 2,02 , sehingga Ho di tolak dan Ha di terima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Adanya perbedaan tersebut dilihat dari mean kelas eksperimen sebesar 76,05 yang lebih tinggi dari mean kelas kontrol sebesar 69 menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II memberikan pengaruh positif terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri 1 Tambang Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Jun 2016 03:37
Last Modified: 07 Jun 2016 03:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5179

Actions (login required)

View Item View Item