PENGARUH PEMBELAJARAN MENYENANGKAN TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 KECAMATAN KAMPAR KIRI KABUPATEN KAMPAR

Weni Herdila, (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN MENYENANGKAN TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 KECAMATAN KAMPAR KIRI KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (59kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran menyenangkan berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar dan untuk mengetahui berapa besar pengaruh pembelajaran menyenangkan terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh pembelajaran menyenangkan terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar? Seberapa besar pengaruh pembelajaran menyenangkan terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar? Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, yaitu dengan pendekatan pretest-posttest control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas Xa dan siswa kelas Xb SMANegeri 2 Kecamatan Kampar KiriKabupaten Kampar dan Objek penelitian ini adalah Keaktifan belajar siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini pertemuan dilaksanakan selama empat kali. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut peneliti menggunakan rumus tes “t” untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan keaktifan belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data thitung lebih besar dari pada ttable hal ini menunjukkan adanya perbedaan keaktifan belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran menyenangkan dengan siswa yang tidak diajar dengan menggunakan pembelajaran menyenangkan. Hal ini terlihat dari mean yang diperoleh dari dua kelas, dimana mean kelas eksperimen lebih tinggi dari pada mean kelas control secara berturut-turut adalah 33,24 dan 29,31. Artinya, dari adanya perbedaan maka terdapat pengaruh yang positif pembelajaran menyenangkan terhadap keaktifan belajar siswa pada kelas Xa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar sebesar 18 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Jun 2016 03:27
Last Modified: 07 Jun 2016 03:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5176

Actions (login required)

View Item View Item