PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 BANGKO KABUPATEN ROKAN HILIR

Sri Suparmi, (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 BANGKO KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (171kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan asam dan basa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Bangko Kabupaten Rokan Hilir pada bulan januari 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Bangko yang berjumlah 40 orang, terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 ( kelas eksperimen) dan XI IPA 2 (kelas kontrol) yang telah diuji homogenitasnya menggunakan uji varians. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya yaitu kesetimbangan kimia, pretest dan postest sebagai data akhir, serta dokumentasi. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,24 dan ttabel = 2,02 dan menunjukkan thitung> ttabel, sehingga Ho ditolak. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving dan besar pengaruhnya adalah 11,64%. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Solving, Hasil belajar, Asam dan basa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Jun 2016 02:51
Last Modified: 07 Jun 2016 02:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5172

Actions (login required)

View Item View Item