MINAT SISWA MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 23 PEKANBARU

Zurnita, (2011) MINAT SISWA MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 23 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011812.pdf

Download (585kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang berusaha untuk mengetahui minat siswa mengikuti layanan bimbingan kelompok dan faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa mengikuti layanan bimbingan kelompok di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Pekanbaru. Adapun sabjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Pekanbaru, objek penelitian ini adalah Minat Siswa Mengikuti Layanan Bimbingan Kelompok. Sedangkan populasi da lam penelitian ini seluruh kelas VIII yang berjumlah 371 siswa, karena populasinya banyak maka peneliti menarik sampel sebesar 25% dari 371 siswa. Maka diperoleh sampel sebesar 90 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan wawancara. Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan penyajian dan analisa data maka dapatlah ditarik suatu kesimpulan penelitian bahwa 1. Minat siswa kelas VIII mengikuti layanan bimbingan kelompok di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 23 Pekanbaru tergolong sedang. Secara kuantitatif diperoleh persentase sebesar 59,26 %. 2. Adapun faktor faktor yang mempengaruhi minat siswa mengikuti layanan konseling individual adalah: a. Terbatasnya adalah waktu siswa untuk mengikuti layanan bimbingan kelompok. b.Siswa belum memahami kegunaan atau arti penting dari kegiatan layanan bimbingan kelompok. Untuk itu penulis menyarankan: 1.Agar guru pembimbing lebih memasyarakatan layanan bimbingan konseling terutama layanan bimbingan kelompok supaya siswa memahami dan mau mengikuti layanan bimbingan kelompok yang ada disekolah 2.Selain itu guru pembimbing harus berupaya lebih intensif menjelaskan manfaat dan kegunaan layanan bimbingan kelompok agar siswa lebih memahami arti penting dari kegiatan bimbingan kelompok 3.Agar para siswa hendaknya dapat lebih memahami dan mengerti manfaat layanan bimbingan kelompok agar dapat menambah wawasan siswa 4. Agar sekolah dapat membuat program khusus agar para siswa mempunyai keinginan yang kuat untuk mengikuti layanan bimbingan kelompok 5.Agar kepalah sekolah lebih memperhatikan dan dapat menunjang program layanan bimbingan kelompok disekolah 6.Agar kepala sekolah dapat menambah waktu untuk kegiatan bimbingan konseling terutama waktu untuk mengadakan bimbingan kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 11 Jan 2016 08:52
Last Modified: 11 Jan 2016 08:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/517

Actions (login required)

View Item View Item