PENERAPAN STRATEGI PERKUMPULAN PENGETAHUAN PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 014 MUARA TAKUS KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Elni Rapida, (2014) PENERAPAN STRATEGI PERKUMPULAN PENGETAHUAN PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 014 MUARA TAKUS KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (45kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi perkumpulan pengetahuan yang dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 014 Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Permasalahan yang penulis kaji dalam penelitian ini yaitu bagaimana meningkatkan minat belajar siswa dengan penerapan strategi perkumpulan pengetahuan pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 014 Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Prosedur penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun tahapan-tahapan yang dilalui dalam PTK, yaitu: 1) Perencanaan/ persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 014 Muara Takus pada tahun ajaran 2013/ 2014 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang. Sedangkan objek penelitian ini srategi perkumpulan pengetahuan yang akan diterapkan pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 014 Muara Takus. Instrument penelitian berupa lembar observasi yang digunakan untuk mengamati aktivitas guru, aktivitas siswa dan minat belajar siswa. Hasil observasi minat belajar siswa dari sebelum tindakan hanya mencapai persentase 47.33%. setelah dilaksanakan tindakan, minat belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 mencapai 70%. Kemudian pada pertemuan 2 minat belajar siswa meningkat menjadi 78.67%. pada siklus II minat belajar siswa sudah mencapai persentase 90.67%. Hasil ini menunjukkan bahwa perbaikan dalam pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan penerapan strategi perkumpulan pengetahuan pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 014 Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar dikatakan sudah meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Jun 2016 06:18
Last Modified: 06 Jun 2016 06:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5163

Actions (login required)

View Item View Item