Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EVALUASI PROSES MARKETING PADA PERUSAHAAN DISTRIBUTOR OBAT DENGAN METODE MANAJEMEN RISIKO DAN SOFT SYSTEM METHODOLOGY (Studi Kasus : PT. Panay Farmalab)

Dewi Pratiwi, - (2021) EVALUASI PROSES MARKETING PADA PERUSAHAAN DISTRIBUTOR OBAT DENGAN METODE MANAJEMEN RISIKO DAN SOFT SYSTEM METHODOLOGY (Studi Kasus : PT. Panay Farmalab). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
Gabungan.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (BAA IV)
IV-VI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Setiap proses dalam industri memiliki risiko-risiko yang memungkinkan terjadinya kerugian pada industri tersebut, proses pemasaran merupakan salah satu proses industri yang juga tidak lepas dari risiko. Risiko yang terjadi pada proses pemasaran dapat memperlambat penetrasi produk ke pasar. Dibutuhkan mitigasi risiko untuk mengurangi tingkat kerugian yang dapat ditimbulkan dari dampak risiko serta tidak mengganggu atas kelangsungan proses bisnis. Penelitian ini dilakukan pada PT. Panay Farmalab cabang Agam yang dalam beberapa waktu terakhir hasil penjualan yang diperoleh tidak mencapai target yang ditetapkan oleh perusahaan. Perusahaan ini juga mengalami penurunan omset yang dimulai pada bulan juni 2019 sebesar 54%. Pencapaian penjualan yang diperoleh dari bulan Januari 2018 - Mei 2018 berkisar antara 70 % hingga 104 %, sedangkan pencapaian yang diperoleh pada bulan Juni 2019 berkisar 63% hingga 97% dari target omset bulanan yang ditetapkan oleh perusahaan. Dalam evaluasi proses marketing ini dilakukan pengintegrasian Metode Manajemen Risiko dan Soft System Methodology. Penilaian risiko dilakukan menggunakan kuesioner Qualitative Risk Assesment dan Probability Impact Matrix, dari hasil penilaian ditemukan empat risiko tingkat tinggi yang mempengaruhi proses marketing pada PT. Panay Farmalab cabang Agam. Risiko tersebut yaitu produk yang dipesan perusahaan cabang tidak tersedia, harga produk yang tidak sesuai dengan keinginan pelanggan, dan outlet telah diisi oleh supplier pesaing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 19 Jul 2021 03:10
Last Modified: 19 Jul 2021 03:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51613

Actions (login required)

View Item View Item