Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

“ TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ALASAN PERCERAIAN DI LUAR PENGADILAN AGAMA (STUDI MASYARAKAT DESA SUKARAMAI KECAMATAN TAPUNG HULU KABUPATEN KAMPAR)”

ANWAR FAUZAN AFIF, - (2021) “ TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ALASAN PERCERAIAN DI LUAR PENGADILAN AGAMA (STUDI MASYARAKAT DESA SUKARAMAI KECAMATAN TAPUNG HULU KABUPATEN KAMPAR)”. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Judul Skripsi ini adalah :“TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ALASAN PERCERAIAN DILUAR PENGADILAN AGAMA: Studi Masyarakat Desa Sukaramai Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar”. Penelitian yang berbentuk skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya praktek perceraian yang dilaksanakan di luar Pengadilan Agama di masyarakat Desa Sukaramai Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar. Praktek tersebut tentu berbeda dengan ketentuan perceraian yang diatur dalam peraturan perundang-undangan di Indonesia, baik dalam UU No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan dan Kompilasi Hukum Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Subjek penelitian ini adalah masyarakat Desa Sukaramai yang melakukan perceraian diluar Pengadilan Agama, sedangkan objek penelitian ini adalah tinjauan Hukum Islam terhadap keabsahan perceraian di luar Pengadilan Agama masyarakat Desa Sukaramai Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh agama, pasutri Perceraian diluar Pengadilan Agama, dan masyarakat yang ada di Desa Sukaramai. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan ialah dengan cara observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan beberapa hal: Pertama, Dalam lingkup hukum Islam asal (fiqih), status perceraian yang dilakukan masyarakat Desa Sukaramai di luar Pengadilan Agama tidak ada pertentangan dengan hukum tersebut sehingga tetap dianggap sah. Kedua, Perceraian di luar Pengadilan Agama oleh Masyarakat Desa Sukaramai batal karena hukum, sebab memiliki mudharat yang lebih besar dari pada manfaat. Kata Kunci : Peceraian diluar Pengadilan Agama, Sukaramai, Tinjauan Hukum Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 19 Jul 2021 02:47
Last Modified: 19 Jul 2021 02:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51584

Actions (login required)

View Item View Item