Dasrial (2014) PERANAN GURU PEMBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETAATAN IBADAH SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI KEHUTANAN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (27kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (14kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan Guru Pembimbing dalam Meningkatkan Ketaatan Ibadah Siswa. Dari pengamatan awal di lapangan, peneliti menemukan gejala-gejala sebagai berikut: (1) Masih kurangnya usaha guru pembimbing mewujudkan siswa yang beriman dan bertaqwa. (2) Masih kurangnya guru pembimbing melakukan kegiatan khusus untuk meningkatkan ketaatan ibadah siswa. (3) Masih kurangnya penyelesaian masalah siswa dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT. (4) Masih kurangnya guru pembimbing melibatkan pihak lain untuk bekerjasama dalam meningkatkan ketaatan ibadah siswa. (5) Masih kurangnya guru pembimbing memberikan layanan informasi tentang ibadah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru pembimbing, subjek pendukung adalah siswa. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah peranan guru pembimbing dalam meningkatkan ketaatan ibadah siswa di sekolah menengah kejuruan negeri kehutanan pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 66 siswa, dan sampel sebanyak 47 siswa yang beragama Islam. Untuk pengumpulan data digunakan angket, daa angket dianalisis dengan persentase yang kemudian disimpulkan secara deskriptif kuantitatif dan ditambah dengan wawancara terhadap guru pembimbing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan guru pembimbing dalam meningkatkan ketaatan ibadah siswa tergolong dalam kategori “cukup optimal peranan”. Karena angka persentase yang diperoleh adalah 61% yang terletak pada kategori 61% - 80% (cukup).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 06 Jun 2016 04:46 |
Last Modified: | 06 Jun 2016 04:46 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5158 |
Actions (login required)
View Item |