Tati Ariyani (2014) EFEKTIFITAS METODE QIRO’AH DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN MENYUSUN KALIMAT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH SWASTA HIDAYATUL MUBTADIIN DESA SEMUKUT KECAMATAN PULAU MERBAU KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (79kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (24kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dimulai pada tanggal 2 agustus sampai 30 oktober 2013 dengan tujuan untuk mengetahui efektifitas permainan menyusun kalimat dalam pembelajaran Bahasa Arab antara siswa yang diajar dengan menggunakan media permainan menyusun kalimat dan siswa yang diajar tanpa menggunakan media permainan menyusun kalimat di Madrasah Aliyah Swasta Hidayatul Mubtadiin Desa Semukut KecamatanPulau Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II Aliyah dengan jumlah siswa 30 orang.yang dibagi menjadi 2 lokal, yakni lokal “A” sebagai ( kelas eksperimen dengan jumlah 15 orang ) dan lokal “B” sebagai ( kelas kontrol dengan jumlah 15 orang). adapun objeknya adalah Efektifitas Permainan Menyusun Kalimat dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Swasta Hidayatul Mubtadiin Desa Semukut Kecamatan Pulau Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah menggunakan Test dan Observasi, test digunakan untuk mengukur kemampuan menyusun kalimat siswa, sedangkan Observasi digunakan untuk melihat kegiatan guru dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media permainan menyusun kalimat pada pelajaran Bahasa Arab. Test tersebut dilaksanakan sebelum menggunakan dan sesudah menggunakan media tersebut, sedangkan observasi dilaksanakan saat proses pembelajaran berlangsung. Data analisa yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan media permainan menyusun kalimat ( kelas eksperimen) dengan rata-rata = 78 dan siswa diajar tanpa menggunakan media permainan menyusun kalimat ( kelas kontrol) dengan rata-rata = 69. Melihat dari hasil perbandingan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol maka diketahui jumlah nilai To = 4,27 yakni lebih besar dari Tt pada taraf 5% = 2,05 dan pada taraf 1% = 2,76 serta dilihat dari data observasi yang diketahui hasilnya mencapai 77,7% (baik) karena pada tingkat 61% - 80%. Maka ini berarti hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nihil ditolak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 06 Jun 2016 04:39 |
Last Modified: | 06 Jun 2016 04:39 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5157 |
Actions (login required)
View Item |