Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ȂQIR DAN ‘AQȊM DALAM TAFSIR AL-MUNIR SERTA RELEVANSINYA DENGAN ILMU GINEKOLOGI

SITI AHMARAYU, - (2021) ȂQIR DAN ‘AQȊM DALAM TAFSIR AL-MUNIR SERTA RELEVANSINYA DENGAN ILMU GINEKOLOGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “‘ȂQIR DAN ‘AQȊM DALAM TAFSIR AL-MUNIR SERTA RELEVANSINYA DENGAN ILMU GINEKOLOGI” Bertujuan untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan mengenai makna lafadz ‘Ȃqir dan ‘Aqȋm serta makna kemandulan baik itu dalam perspektif Al-Qur’an dan ilmu Ginekologi. Berkaitan dengan kemandulan dalam Al-Qur’an menggunakan dua kata yaitu ‘Ȃqir dan ‘Aqȋm artinya kemandulan. Adanya kesamaan makna kata tersebut menunjukkan bahwa adanya sinonimitas dalam Al-Qur’an. Demikian pula Al-Qur’an banyak menggunakan kata-kata yang bersinonim untuk makna dan maksud yang sama, seperti penggunaan kata ‘ȃqir dan ‘aqȋm yang diartikan dengan mandul atau kemandulan. Kemandulan dalam ilmu ginekologi itu disebut dengan Infertilitas didefinisikan sebagai hilangnya kemampuan untuk hamil. Dalam penelitian ini penulis menggunakan studi kepustakaan (library reseach). Adapun metode yang digunakan adalah metode kualitatif, teknik pengumpulan data adalah metode maudhu’i. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif. kata ‘Ȃqir dan ‘Aqȋm memiliki makna mandul dari segi keturunan, wanita yang tidak mampu menghasilkan keturunan, wanita yang tidak pernah memiliki keturunan sampai waktu tertentu. Mandul yang menggunakan kata ‘Ȃqir ini mandul karena faktor usia yang tidak bisa diobati karena usia senja, dan kata ‘Aqȋm yang kedua adalah mandul karena penyakit dan makna putus. Dengan kata lain kata ‘Aqȋm ini dinyatakan juga untuk mandul yang sifatnya mutlak. Kata kunci: ‘Ȃqir, ‘Aqȋm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 19 Jul 2021 03:12
Last Modified: 19 Jul 2021 03:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51566

Actions (login required)

View Item View Item